-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Wilayah Sumbagut II Serahkan Buku RAT KMM Tahun 2023 ke Pemkab Samosir

Kamis, 22 Februari 2024 | 12.03 WIB Last Updated 2024-02-22T05:21:06Z
KMM Korwil Sumbagut II Sondang Sinurat didampingi sejumlah manajer menyerahkan buku RAT Tahun 2023 ke Pemkab Samosir.
Samosir(DN)
Koperasi yang sehat identik dengan sikap taat dan tertib asas serta regulasi. Salah satu bentuknya adalah penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang rutin setiap tahun.

Setelah menggelar RAT Tahun Buku 2023 pada akhir Januari lalu di Bekasi Convention Centre Hotel Santika Mega City, Jawa Barat, 29/1, Koperasi Makmur Mandiri (KMM) menyerahkan buku RAT ke Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan.

Adapun RAT merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggungjawaban pengurus koperasi selama setahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan.

Buku RAT KMM Tahun 2023 sebagai pertanggungjawaban pengurus KMM kepada pemerintah ini, diserahkan oleh Koperasi Makmur Mandiri (KMM) Wilayah Sumbagut II yang membawahi 13 kantor cabang di Kabupaten Samosir.

Diserahkan oleh Korwil Sumbagut II Sondang Sinurat didampingi Manajer KMM Cabang Samosir 2, Juni Bangkit Hutasoit dan Samosir 4, Herman Malau. Serta diterima oleh Kabid Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, melalui penyuluh koperasi, Jannu Pintubatu, bersama sejumlah pegawai, Kamis, 22/2.

Korwil Sumbagut II, Sondang Sinurat mengucapkan terimakasih kepada Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, yang terus melakukan pembinaan secara internal untuk kemajuan KMM.

"Kami akan terus berkoordinasi, agar KMM khususnya 13 cabang di Kabupaten Samosir ini terus bertumbuh dan semakin maju untuk tercapainya kesejahteraan anggota," ujarnya.
Dalam RAT KMM Tahun buku 2023 beberapa waktu lalu, KMM menyerahkan piagam penghargaan bagi manajer berprestasi.
Adapun dalam RAT KMM, Ketua koperasi tersebut, Drs Tumbur Naibaho MM mengumumkan bahwa aset yang dimiliki koperasi yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat itu, saat ini mencapai 1,2 triliun rupiah (bertumbuh 18%) dari 1.022.392.866.086 pada tahun sebelumnya, dengan anggota berjumlah 97.216 (tumbuh 17,24%) dari 82.918 orang, serta SHU sebesar Rp 8,7 Milliar (46%) dari 6.719.209.927.

"Dari tahun ke tahun KMM terus bertumbuh. Hasil baik KMM pada 2023 ini tidak lepas dari partisipasi anggota yang bersinergi dengan kinerja ciamik para karyawan," sebut Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM dalam sambutannya.

Saat ini, lanjut Suami Jusniar Simbolon itu, Kantor KMM berjumlah 188 Cabang tersebar di 25 Provinsi di Indonesia. Tumbur Naibaho juga menjelaskan, bahwa saat ini KMM memiliki 5 anak perusahaan yang aktif dan telah menghasilkan keuntungan.

Diantaranya, PT Karunia Putri Sejati, mengelola SPBU Pangururan Kabupaten Samosir, PT Dipa Citra Narpati, mengelola SPBU di Kabupaten Klaten Jawa Tengah, PT Mobilindo Makmur Mandiri, PT Tunas Makmur Mandiri dan PT Tao Toba Makmur Mandiri.

"Koperasi Makmur Mandiri termasuk Koperasi Berprestasi tingkat Nasional tahun 2018 yang menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi & UKM RI," tambah Putra 12 Bersaudara kelahiran Desa Tanjung Bunga Kabupaten Samosir tersebut.

Selain itu, Koperasi Makmur Mandiri turut serta berperan dalam mensukseskan program Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di masa Covid-19.

Sebagai Mitra Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi UKM, KSP Makmur Mandiri dipercaya menyalurkan dana untuk modal usaha produktif para anggota dengan total dana 2020-2024 sebesar Rp 350.000.000.000,-.

"Pada kesempatan hai ini kami menyampaikan terima kasih banyak kepada Pemerintah melalui LPDB Kemenkop yang telah mempercayai KMM untuk penyaluran dana pemerintah," ungkapnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update