-->

Notification

×

iklan

Iklan

Respon Cepat, Bupati Samosir Tinjau Langsung Lokasi Banjir Bandang di Kenegerian Sihotang

Selasa, 14 November 2023 | 10.04 WIB Last Updated 2023-11-14T04:06:23Z
Bupati Samosir turun langsung menghibur para warganya yang menjadi korban banjir bandang.
Samosir(DN)
Hujan deras yang mengguyur dari sore hingga malam, mengakibatkan banjir bandang melanda Kenegerian Sihotang yakni di Desa Siparmahan, Sappur Toba, Dolok Raja dan Hariara Pohan Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Senin, 13 November 2023 sekitar pukul 18.30 Wib

Pasca kejadian banjir bandang yang terjadi, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom langsung turun meninjau warganya yang menjadi korban di pengungsian di Desa Rianiate, Kecamatan Pangururan.

Bupati Samosir mengunjungi pengungsi di Gereja Katolik Pintubatu, dan dua titik disekitaran pelabuhan. Ia juga membagikan stok makanan kepada para pengungsi, dan untuk menjamin ketersediaan makanan dan minuman, Bupati Samosir langsung mendirikan dapur umum.

Selain itu juga disediakan fasilitas kesehatan, dokter dan ambulance untuk evakuasi warga apabila ada yang sakit.

Saat menyapa para pengungsi, Bupati Samosir menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti himbauan pemerintah. Keluarga maupun masyarakat yang tidak mengungsi untuk mengikuti anjuran pemerintah, mengungsi sementara waktu menghindari banjir susulan.

"Kita utamakan keselamatan amang, inang,  kami hadir untuk membantu melakukan evakuasi," kata Vandiko.

Untuk memastikan keadaan warga yang memilih bertahan dilokasi banjir, Bupati Samosir bersama rombongan dengan menaiki kapal penyeberangan terjun langsung ke lokasi dan ditemui masih banyak warga yang bertahan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir menemui langsung warga dan menyerahkan makanan serta memberikan arahan agar tetap berhati-hati dan waspada. 

Hingga 14/11 pukul 02.30 wib, Bupati Samosir bersama forkopimda masih melakukan pemantauan dan mengunjungi rumah penduduk, menghimbau jikalau ada kendala sebaiknya tinggal sementara di pengungsian yang di sediakan Pemkab Samosir.

"Kami hadir di kenegerian Sihotang untuk melihat secara langsung keadaan masyarakat, atas nama Pemkab Samosir hadir serta turut prihatin, merasakan hal yang sama dengan masyarakat. Kami eajib turun dan bersama dengan masyarakat, jikalau ada kendala ada baiknya tinggal sementara di tenda yang kita sediakan, karena disana sudah disediakan logistik dan obat-obatan," ucap Vandiko. 

Saat itu juga, Bupati Samosir mengintruksikan BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup untuk segera melakukan identifikasi penyebab banjir dan dugaan akibat penebangan pohon. "Masyarakat diminta agar bersabar menunggu hasil identifikasi, dan tidak menyebarkan isue yang tidak pasti," tuturnya.

Setelah melakukan peninjauan korban banjir bandang di Kenegerian Sihotang, Vandiko, mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI/POLRI dan Ormas yang sudah turun langsung dan peduli dengan masyarakat.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update