-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Sukseskan Pemilu 2024, Bupati Samosir Ingatkan Penyelenggara Pemerintahan dan ASN Netral

Selasa, 12 September 2023 | 15.23 WIB Last Updated 2023-09-12T11:24:20Z
Kunjungan kerja Forkopimda Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom ST mengingatkan seluruh aparatur pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan dan ASN untuk menjaga netralitas pada pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan Bupati Samosir saat menyampaikan paparan pada acara kunjungan kerja Forkopimda di Aula HKBP Mogang-Kecamatan Palipi, 12/09.

Kunker Forkopimda diikuti peserta dari 4 Kecamatan yaitu, Palipi, Nainggolan, Sitio-tio dan Onan Runggu dengan menghadirkan para kades/lurah, BPD, kasi pemerintahan desa/kelurahan, camat.

Turut hadir Asisten 1 Tunggul Sinaga, SAB Rudi SM Siahaan, HUT Isasar Simbolon, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Komisioner KPU Monang Sinaga, Sekretaris Bawaslu Rita Bakara dan beberapa pimpinan OPD.

Selain menjaga netralitas, Vandiko mengajak kepala desa/lurah, BPD dan perangkat desa, camat dan seluruh masyarakat Kabupaten Samosir menjaga keamanan dan ketentraman guna menyukseskan pemilu. 

"ASN, kepala desa, BPD, perangkat desa, camat dan seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas. Menjaga ketentraman dan ketertiban, melaporkan kondisi secara berjenjang serta mengarahkan masyarakat berpartisipasi menyukseskan pemilu 2024. Mari satu arah menjaga kekondusifan Kabupaten Samosir," kata Vandiko.

Aparatur Sipil Negara, aparatur desa yang terlibat dalam kepanitiaan diharapkan bekerja dengan baik, penuh tanggung jawab dan jangan sampai terlibat politik praktis. "Jika ada pelanggaran segera dilaporkan, akan kami tindak dan diberi sanksi sesuai dengan keputusan Komisi ASN," tegas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH dalam paparannya mengatakan Polres Samosir siap dalam pengamanan pemilu maupun Pilkada tahun 2024 dengan kekuatan 231 personil.

"Untuk mengantisipasi ancaman keributan/konflik Polres Samosir telah menyurati Polda Sumut untuk penambahan  personil BKO dari satuan Brimob maupun Sabhara," ujarnya.

Yogie memaparkan, dari 465 TPS yang tersebar dalam 9 Kecamatan, telah memetakan tingkat kerawanan yaitu kriteria kurang rawan 405 TPS, rawan 58, sangat rawan 1 TPS  dan 1 TPS khusus di Rutan Pangururan.

Kajari Samosir Andi Adikawira Putera SH MH menyampaikan Pemilu menggambarkan bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat. Untuk kesuksesan Pemilu, Kejaksaan Samosir menyiapkan posko pemilu yang dapat dijadikan sumber informasi terkait data dan tahapan, menyajikan data secara cepat, tepat, akurat kepada user terkait tahapan pemilu, meminimalisir pelanggaran pada setiap tahapan pemilu. 

"Dalam menyukseskan pemilu 2024, Kejari Samosir mempunyai peranan aktif dalam keanggotan penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) sebagai optimalisasi penanganan pidana pemilu. Kejari Samosir bergerak atas dasar adanya MoU dengan KPU yang pada pokok perjanjiannya merupakan upaya menyukseskan pemilu 2024," tutup Kajari. 

Dandim 0210 TU melalui Pabung G. Sebayang mengatakan dalam pemilu dan Pilkada, TNI  netral tidak memihak kepada salah satu kontestan dalam pemilu. Sikap netralitas, mengamankan dan tidak berhak mengarahkan keluarga untuk memilih kontestan. Dalam pemilu 2024, Pihak TNI siap membantu kepolisian dalam pengamanan demi menjaga kekondusifan di kalangan masyarakat.(red).
×
Berita Terbaru Update