-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Tuan Rumah HUT Harganas Sumut, Pemkab Samosir Gelar Pelayanan KB Gratis

Jumat, 28 Juli 2023 | 17.36 WIB Last Updated 2023-07-28T10:59:00Z
Monitoring pelaksanaan pelayanan KB.
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas  P3AP2KB melaksanakan pelayanan KB Media  dengan Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP) di RSUD Pangururan, 28/07.

Kontrasepsi mantap (kontap) adalah suatu tindakan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas, yang dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami istri atas permintaan yang bersangkutan, secara mantap dan sukarela.

Kontap KB MOW dan MOP merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 Tingkat Provinsi Sumatera Utara sekaligus Tingkat Kabupaten Samosir yang dipusatkan di Kabupaten Samosir.

Pelaksanaan dimonitoring oleh Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang bersama Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Munawar didampingi Kadis P3AP2KB Friska Situmorang, Ketua TP. PKK Kab. Samosir, Ny. Harta Martua Sitanggang, Kepala RSUD Hadrianus Sinaga, Iwan H. Sihaloho.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Samosir mengunjungi pasien yang sudah selesai menjalani operasi KB memberikan semangat dan motivasi. Kedepan, Martua mengharapkan jumlah peserta program KB dapat meningkat.

"Mengingat jumlah penyuluh KB yang masih minim, kita meminta BKKBN untuk menambah maupun menempatkan penyuluh yang sudah mengikuti ujian P3K ditempatkan kembali di Samosir," ujarnya.

Kabid KBK3S Hotnida P. Manalu menyampaikan, pelayanan KB yang dilaksanakan yaitu Pelayanan Medis Operasi  Wanita (MOW) sebanyak 51 orang akseptor. dan Medis Operasi Pria (MOP) 1 orang.

Lebih lanjut disampaikan, Pelayanan KB merupakan salah satu upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Samosir.
Kegiatan berlangsung selama 1 hari dan peserta dapat pulang setelah menjalani istirahat dan pemantauan dari petugas medis.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update