-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240404-WA0000

Tanda Tangan Elektronik Diharapkan Jadi Solusi Percepat Kinerja ASN

Jumat, 02 Juni 2023 | 13.33 WIB Last Updated 2023-06-04T06:34:47Z
Tanda tangan elektronik.(net).
Medan(DN)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) Ilyas S Sitorus menyosialisasikan tanda tangan elektronik. Sebuah sistem yang bisa menjadi solusi mempercepat kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Saat ini masalah yang sering terjadi adalah keterlibatan ASN dalam menyelesaikan dokumen-dokumen karena masih menggunakan tanda tangan konvensional. 

Ruang dan waktu menjadi kendala ASN terutama pejabat untuk menandatangani dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Melalui tanda tangan elektronik, hal tersebut bisa diatasi, karena bisa melakukan tanda tangan dari mana saja menggunakan telepon genggamnya.

Tentu ini merupakan inovasi yang bisa mengubah kultur konvensional ke digital dan tentunya mempercepat proses penyelesaian dokumen.

“Penggunaan tanda tangan elektronik membuat kinerja organisasi lebih ringan dan cepat, pejabat tidak perlu repot lagi harus menandatangani dokumen secara manual dalam jumlah besar,” kata Ilyas S Sitorus saat membuka Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik di Hotel Prime Plaza Kualanamu, Jalan Sultan Serdang Nomor 88, Deliserdang, Rabu (31/5).

Yang menjadi banyak pertanyaan terkait tanda tangan elektronik adalah masalah keamanan. Ini bisa diatasi dengan metode verifikasi keaslian dokumen yang menggunakan tanda tangan digital.

“Salah satu aplikasi yang dipresentasikan narasumber hari ini adalah aplikasi Besign, karya Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara, tingkat keamanannya tinggi dan mudah menggunakannya,” kata Ilyas Sitorus.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Balai Sertifikasi Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara Abdul Khairul Zaka mengatakan pentingnya membentuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Karena itu harus bisa memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu untuk administrasi.(infosumut).
×
Berita Terbaru Update