-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Irjen Panca Simanjuntak Dimutasi, Eks Kapolda Sumut Komjen Agus Andrianto Jadi Wakapolri

Senin, 26 Juni 2023 | 09.02 WIB Last Updated 2023-06-26T04:05:54Z

Komjen Agus Andrianto dan Irjen Panca Putra Simanjuntak.(indhie).

Jakarta(DN)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan sejumlah mutasi dan promosi jabatan sebanyak 539 personel mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Kepolisian Daerah (Polda). Salah satu mutasi itu terjadi pada Komjen Agus Andrianto. Kabareskrim itu kini menjabat wakil kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Wakapolri.

Agus Andrianto menjadi wakapolri menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang dimutasikan sebagai Pati Mabes Polri dalam rangka pensiun.

Jabatan Kabareskrim yang ditinggalkan Agus akan disandang Komjen Wahyu Widada yang sebelumnya adalah Kabaintelkam Polri. Posisi Kabaintelkam akan diisi Komjen Suntana.

Adapun mutasi dan rotasi itu tertuang dalam lima surat telegram (ST) yaitu: ST/1392/VI/KEP./2023 sebanyak 28 personel, ST/1393/VI/KEP./2023 sebanyak 4 personel, ST/1394/VI/KEP./2023 sebanyak 218 personel, ST/1395/VI/KEP./2023 sebanyak 170 personel, ST/1396/VI/KEP./2023 sebanyak 119 personel tertanggal 24 Juni 2023.

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga merotasi jajarannya di tingkat Kepolisian Daerah (Polda). Satu di antaranya Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak yang digantikan Irjen Agung Setya Imam Effendi.

"Rotasi Kapolda 3 personel dan Wakapolda 6 personel," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin, 26 Juni.

Irjen Agung Setya Imam Effendi sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi (As Ops) Kapolri. Nantinya, posisi itu ditempati Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca.

Kemudian, jabatan Kapolda Sulawesi Barat yang ditinggalkan Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca akan diisi oleh Irjen Adang Ginanjar.

Sedangkan Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra juga dirotasi. Posisinya digantikan oleh Brigjen Ida Bagus KD Putra Narendra.

Sementara untuk rotasi tingkat Wakapolda yakni Brigjen Soeseno Noerhandoko ditunjuk sebagai Wakapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Agus Salim menjadi Wakapolda Bengkulu, dan Brigjen Samudi sebagai Wakapolda Maluku Utara.

Ada juga Brigjen Asep Safrudin dirotasi menjadi Wakapolda Kepri, Brigjen Roma Hutajulu sebagai Wakapolda Kalimantan Barat, dan Brigjen I Gusti Kade Budhi Harryarsana ditunjuk menjadi Wakapolda Bali.

Secara keseluruhan, ada 539 anggota Polri yang dirotasi. Pemindahan tugas ini merupakan penyegaran dan promosi di jajaran Korps Bhayangkara.

"Terdapat 5 ST (Surat Telegram) Mutasi," kata Ramadhan.(red/beritasatu).
×
Berita Terbaru Update