-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Tiba di Bandara Silangit, Jenazah Roybertus Simbolon Diberangkatkan ke Sitaotao

Rabu, 12 April 2023 | 14.09 WIB Last Updated 2023-04-12T07:26:53Z
Tangkapan layar upacara pengantaran setiba jenazah Serka Anumerta Roybertus Simbolon di Bandara Silangit.(ist).
Taput(DN)
Sekira pukul 13.30 WIB, Rabu, 12 April 2023, jenazah Serka Anumerta Roybertus Simbolon tiba di Bandara Silangit Tapanuli Utara.

Sebelum jenazah dibawa menuju rumah duka di Sitaotao Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, bertempat di Cargo Bandara Silangit Tapanuli Utara, Kodim 0210/TU menggelar upacara pengantaran.

Selanjutnya, sekira pukul 14.00 WIB, jenazah diberangkatkan dari Bandara Silangit Tapanuli Utara menuju rumah duka di Kabupaten Samosir.

Serka Anumerta Roybertus Simbolon akan dimakamkan di Sitaotao Desa Tanjung Bunga Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Kamis, 13 April 2023.

Sebelumnya diberitakan, Serka Anumerta Roybertus Simbolon gugur karena menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Serka Anumerta Roybertus Simbolon merupakan personel Satgas Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad, gugur setelah diserang dan terjadi kontak tembak antara pasukan TNI dengan KKB Papua di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya Papua Tengah, pada Minggu 9 April 2023 sekitar pukul 16.00 WIT.

Jenazah Serka Anumerta Roybertus Simbolon sebelumnya dievakuasi ke Mimika untuk selanjutnya diterbangkan ke Jakarta dan disemayamkan di Markas Komando Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad di Karawang Jawa Barat.

KSAD Jenderal Dudung menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang mendalam atas gugurnya salah satu prajurit terbaik TNI AD dalam tugas operasi menjaga kedaulatan NKRI di Papua.

Pada kesempatan tersebut, KSAD Jenderal Dudung mewakili negara, membacakan naskah penerimaan jenazah dari keluarga yang disampaikan oleh Moraldus Simbolon sebagai kakak sepupu almarhum mewakili pihak keluarga.

“Saya atas nama pribadi dan sebagai Pimpinan TNI Angkatan Darat menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas gugurnya almarhum yang merupakan salah satu prajurit terbaik TNI Angkatan Darat," ujar KSAD Jenderal Dudung.

Dia mengungkapkan bahwa TNI dan TNI AD telah kehilangan prajurit terbaiknya, TNI memberikan penghargaan serta penghormatan tertinggi bagi almarhum yang telah gugur demi tegaknya kedaulatan NKRI.

“Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya.

Jenderal Dudung juga menegaskan bahwa TNI AD akan mengurus jenazah almarhum hingga pemakaman dan memberikan sepenuhnya hak-hak kepada ahli waris Serka Anumerta Roybertus Simbolon sesuai ketentuan yang berlaku.

Usai disemayamkan di Mako Yonif PR 305/Tengkorak Kostrad, almarhum diterbangkan ke Bandara Silangit untuk prosesi pemakaman dengan upacara militer di kampung halaman di Sitaotao, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.***(red/haluan).
×
Berita Terbaru Update