-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Bidik Penambahan Anggota Jadi 120 Ribu, KMM Bakal Buka Sejumlah Cabang Baru

Jumat, 31 Maret 2023 | 18.49 WIB Last Updated 2023-03-31T15:52:05Z
Kantor pusat KMM yang berada di Bekasi Jawa Barat.
Samosir(DN)
Dukungan anggota sangat penting untuk membuat koperasi terus bertumbuh. Oleh karena itu, Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri (KMM) terus berupaya untuk menambah jumlah anggota dengan aktif menyambangi mereka atau dikenal dengan strategi jemput bola.

Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM menyampaikan, jajaran karyawan maupun manajer cabang KMM secara intens mengunjungi anggota, hal ini dibuktikan dengan penambahan anggota KMM dari waktu ke waktu, bahkan tetap bertumbuh di masa sulit pandemi, dan saat perekonomian global sedang lesu.

KMM sendiri membukukan kinerja ciamik pada 2022. Jumlah anggota tumbuh 16,35% menjadi 82.918 anggota dari 2021 mencapai 71.267. Penyaluran pinjaman sebesar Rp784,3 miliar, naik 3,86% dari 2021 sebesar Rp755,17 miliar. Modal anggota menjadi sebesar Rp112,2 miliar, meningkat 18,04% dari tahun sebelumnya Rp95,1 miliar.

Dengan bertambahnya jumlah anggota baru mencerminkan kerja tim yang berjalan apik, mulai dari pusat, cabang, hingga tim marketing. Peningkatan jumlah anggota yang diikuti dengan naiknya simpanan ini membuktikan bahwa KMM semakin dipercaya oleh anggota dan masyarakat.

Terlebih pada tahun ini diperkirakan terjadi krisis global yang dapat berdampak pada ekonomi lokal. Oleh karenanya, dengan pola hidup berkoperasi yang benar, lembaga sokoguru ekonomi itu dapat diandalkan dalam menghadapi ancaman krisis.

“Puji Tuhan, sejauh ini KMM sudah on the track dalam pengembangan usaha dan terus mendapatkan dukungan dari anggota dan masyarakat. Dukungan ini modal penting KMM untuk terus bertumbuh,” ungkap Suami Jusniar Simbolon itu, Jumat, 31 Maret 2023.

Ditambahkan Putra 12 Bersaudara itu, KMM akan membuka beberapa kantor cabang baru di daerah-daerah potensial. Dengan penambahan kantor cabang baru ini otomatis jumlah anggota akan naik. Pada tahun ini, KMM menargetkan jumlah anggota bertambah menjadi 120 ribu orang naik 45% dari tahun sebelumnya 82.918 anggota.
Makmur Mandiri Mobile, inovasi digital Koperasi Makmur Mandiri.
Penambahan anggota akan mempertebal permodalan koperasi besar berprestasi itu sehingga dapat mendukung rencana pengembangan usaha yang telah disusun. Permodalan yang kian berotot ini sangat penting agar KMM tetap eksis dan tumbuh secara berkelanjutan.

Seiring dengan rencana penambahan kantor cabang, slogan “Bekerja dengan Juara & Sehat (JUjur, Amanah, Ramah dan SEnyum, bersaHAbaT) akan terus diinternalisasikan di seluruh karyawan. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada anggota. Dengan begitu, diharapkan anggota semakin loyal kepada koperasi.

Tumbur menambahkan, KMM telah menerapkan digital online system di 180 kantor cabang yang dimilikinya sejak tahun lalu. Sehingga anggota bisa menggunakan aplikasi Makmur Mandiri Mobile dari layar ponsel pintarnya. “Digitalisasi layanan memudahkan anggota untuk bertransaksi dan menghasilkan proses bisnis yang lebih transparan dan efisien,” ungkap tokoh koperasi nasional ini.

Transformasi digital yang dilakukan oleh KMM merupakan langkah cerdas dan tepat agar bisa bersaing di zaman sekarang. Hal ini juga sebagai jawaban terhadap kebutuhan anggota atas layanan yang cepat, mudah, dan aman.

Sejak KMM meluncurkan Makmur Mandiri Mobile pada 2021 lalu, anggota yang mengakses terus meningkat. Aplikasi itu sudah diakses oleh sekitar 25 ribu anggota. Kehadiran Makmur Mandiri Mobile itu terbukti mampu meningkatkan layanan anggota yang semakin baik. Melalui aplikasi ini anggota dapat melihat langsung perkembangan KMM, jumlah aset, pinjaman beredar, maupun tabungan pribadi.

Dengan gebrakan yang sudah disiapkan, Tumbur yakin usaha KMM akan semakin berkembang baik dalam aspek penyaluran pinjaman, penambahan anggota, dan permodalan. Terlebih dukungan tim yang semakin solid dan profesional, rasanya bukan hal yang sulit bagi koperasi besar ini untuk terus melahirkan prestasi gemilang di dunia perkoperasian tanah air.(SBS).
×
Berita Terbaru Update