-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Kegigihan Berbuah Manis, KMM Samosir 2 Sukses Menjadi Cabang Berprestasi

Rabu, 02 November 2022 | 12.32 WIB Last Updated 2022-11-02T06:37:54Z
Tim kerja KMM Cabang Samosir 2.
Samosir(DN)
Ditengah persaingan yang cukup ketat maupun masih banyaknya masyarakat berpandangan negatif terhadap perkoperasian, Koperasi Makmur Mandiri (KMM) cabang Samosir 2, yang beralamat di Sait Nihuta Kecamatan Pangururan, mampu berkembang pesat.

Istimewanya, meski hanya selisih 1 tahun berdiri dengan Cabang Samosir 1, tepatnya tahun 2016 dan jarak kantor yang berdekatan, di ibukota Samosir, Pangururan, namun cabang yang dipimpin Juni Bangkit Hutasoit ini, mampu mengimbangi kinerja cabang KMM Samosir 1.

KMM Cabang Samosir 2 tercatat sebagai salah satu cabang kantor berprestasi atas  pertumbuhan anggota, penyaluran kredit, tingkat kredit bermasalah rendah, dan juga pencapaian SHU yang terus meningkat.

Bersama Manajer Samosir 1 Sondang Sinurat, Juni Bangkit merupakan pimpinan cabang berprestasi diantara 12 cabang KMM di Kabupaten Samosir dan dari 174 cabang se-Indonesia. Mereka berdua turut mendapatkan bonus dari KMM, berupa meditour ke Malaysia, yang digelar belum lama ini.
Produk MURI KMM.
Manajer Samosir 2, Juni Bangkit Hutasoit menyampaikan, SHU Samosir 2 per Oktober mencapai 46 juta, sehingga total mulai Januari-Oktober 2022, mencapai Rp 534 juta. Aset mencapai Rp 18,3 miliar dan melayani 1.197 orang anggota.

"Kinerja Cabang Samosir 2 yang cukup ciamik ini, tidak lepas dari keampuhan strategi KMM dengan menumbuhkan kompetisi di internal guna menggenjot kinerja masing-masing cabang," sebut ayah dua anak, dan juga alumni Teknik Industri Universitas Sumatera Utara tersebut, Rabu, 2 November 2022.

Selain itu, pria yang dipercaya menjadi manajer sejak 2018 ini, menilai keberhasilan kantor yang dipimpinnya tidak lepas dari kegigihan, kerjasama dan soliditas seluruh tim. Internalisasi semboyan KMM yaitu Bekerja dengan Jujur, Ramah, Senyum, dan Bersabahat, juga mendorongnya untuk menghadirkan layanan berkualitas kepada anggota.

Dikatakan, saat pertama kali dipercaya memimpin Samosir 2, pihaknya diperhadapkan kondisi yang tergolong tak mudah. Kala itu anggota masih 100 orang dengan aset 5 M. Namun berkat pendekatan persuasif yang pantang menyerah dibarengi komunikasi yang intens, menjadi kunci keberhasilan dalam menambah jumlah anggota.
Makmur Mandiri Mobile permudah layanan kepada anggota.
"Kita menghadapi masyarakat yang awalnya curiga pada koperasi. Perlu kesabaran untuk membuktikannya. Akhirnya banyak yang percaya dan ternyata lebih banyak lebih suka menyimpan daripada meminjam. Hal ini karena KMM memberikan suku bunga yang bersaing dan mengutamakan pelayanan," tambahnya. 

Ke depan, Juni Bangkit Hutasoit bersama timnya, yakni wakil manager: Damayanti Sinaga, kasir: Evita Sinaga, admin : Elisabeth Napitupulu dan Vina Nadeak, marketing: Ivo Malau, Lilis Nainggolan, Edy Ambarita dan Binsar Simbolon, berkomitmen untuk semakin meningkatkan kualitas layanan kepada anggota.

Ia menyakini, dukungan teknologi digital KMM saat ini, yaitu Makmur Mandiri Mobile, akan semakin memudahkan anggota bertransaksi di koperasi. Dengan begitu, kepercayaan anggota dan masyarakat terhadap lembaga sokoguru perekonomian akan tetap terjaga.

"Kami akan bekerja lebih keras meningkatkan kualitas layanan dan tidak monoton untuk menjaring lebih banyak  anggota. Apalagi di tengah persaingan yang semakin ketat di pinjaman mikro baik dengan perbankan, koperasi maupun pinjaman online," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update