-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Putra Daerah Tanjung Bunga Inisiasi Penanaman 600 Pohon di Sepanjang Jalan Sitaotao

Sabtu, 24 September 2022 | 11.26 WIB Last Updated 2022-09-24T06:46:08Z
Berphoto bersama seusai penanaman pohon di sepanjang jalan Sitaotao Desa Tanjung Bunga.
Samosir(PB)
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, sekaligus ikut memelihara dan menjaga kelestarian ekosistem, sejumlah putra daerah Desa Tanjung Bunga, yakni Josmar Naibaho dan Renaldi Naibaho menginisiasi penanaman pohon di sepanjang jalan Sitaotao, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu, 24 September 2022.

Penanaman 600 bibit alpukat, mangga, jengkol dan sebagainya ini, dihadiri oleh Bupati Samosir melalui Kadis Lingkungan Hidup, Edison Pasaribu, Camat Pangururan, Robintang Naibaho, Kapolres Samosir yang diwakili Kapolsek Pangururan, AKP Marlen Sitanggang, Perwakilan UPT KTH Wilayah XIII, Kepdes Tanjung Bunga, Lasper Sitanggang dan perangkat desa dan BPD serta sejumlah tokoh masyarakat, Kol (Purn) James Sitanggang, Baktiar Uji Simalango dan sebagainya.
Putra daerah Desa Tanjung Bunga Josmar Naibaho bersama Kades Lasper Sitanggang menanam bibit pohon.
Josmar Naibaho menuturkan mengingat kawasan jalan Sitaotao ini perlu diperhatikan untuk penghijauan dan penanaman pohon keras guna meminimalisir terjadinya dampak buruk, seperti, longsor, dan bencana lainnya, sehingga pihaknya menginisiasi penanaman pohon tersebut.

Ditambahkan, penanaman pohon ini juga terlaksana berkat dukungan anggota DPR Hinca Panjaitan yang turut memfasilitasi pengadaan bibit, pupuk, juga hidrogel untuk melembabkan tanah, sehingga tanaman tidak mati, walau tidak disiram berminggu-minggu.
Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu melakukan penanaman pohon.
"Mari kita sama-sama merawat pohon ini agar bisa tumbuh hingga besar, karena banyak sekali manfaat yang akan dirasakan ke depannya. Kita juga sudah komunikasi ke Damkar agar secara berkala melakukan penyiraman," ujar Josmar Naibaho.

Sementara itu, Kapolsek Pangururan AKP Marlen Sitanggang bersama Kadis Lingkungan Hidup, Camat Pangururan, Perwakilan UPT KTH Wilayah XIII, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas penghijauan atau penanaman pohon yang dilakukan warga Desa Tanjung Bunga ini.
Kapolsek Pangururan AKP Marlen Sitanggang melakukan penanaman pohon di Jalan Sitaotao.
Dijelaskan, belakang ini Kabupaten Samosir mengalami kekalutan dikarenakan kebakaran lahan atau hutan khususnya di kawasan Pangururan, yang terjadi di Desa Tanjung Bunga dan Kelurahan Siogung-ogung. "Besar harapan kami, melalui kegiatan ini, marilah kita cinta alam persada yang diberikan Tuhan kepada kita," tutur Kapolsek Pangururan, AKP Marlen Sitanggang.

Kapolsek juga menghimbau masyarakat agar sama-sama menjaga pohon yang ditanam tersebut. "Jangan ada yang mencabut pohon yang kita tanam ini, mari kita jaga karena yang menikmati nantinya kita juga maupun anak cucu kita. Besar harapan kami, kita jaga bersama-sama kelestarian lingkungan hidup ini," pungkasnya.
Camat Pangururan Robintang Naibaho melakukan penanaman pohon.
Pada kesempatan ini, baik Kadis Lingkungan Hidup, Edison Pasaribu, Camat Pangururan, Robintang Naibaho, Kapolsek Pangururan AKP Marlen Sitanggang, Kepala Desa Tanjung Bunga Lasper Sitanggang bersama Josmar Naibaho, secara simbolis menanam pohon di kawasan Jalan Sitaotao, dengan tanaman jenis berbeda-beda salah satunya, pohon Mangga dan Jengkol.(SBS).
×
Berita Terbaru Update