-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Pemkab Samosir Gelar Coffee Morning Dengan Kepala Desa dan Lurah

Senin, 29 Agustus 2022 | 14.39 WIB Last Updated 2022-08-30T03:40:56Z
Bupati Samosir saat memimpin rapat kerja.
Samosir(DN)
Bupati Samosir Vandiko T Gultom menggelar rapat kerja (coffee morning) bersama lurah/kepala desa se-Kecamatan Pangururan yang bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin (29/08).

Turut mendampingi Bupati Samosir, yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang, Asisten I Tunggul Sinaga, Kepala Bappeda dan Litbang Rajoki Simarmata, Kepala Dinas Sosial dan Pemdes Fitri Agus Karo-karo, Ketua Tim Bupati Percepatan Pembangunan Mangindar Simbolon, dan Camat Pangururan Robintang Naibaho.

Adapun topik dalam rapat bersumber dari Informasi yang disampaikan lurah/kepala desa se-Kecamatan Pangururan, dengan harapan OPD dengan lurah/kades saling berintegrasi dalam menyelesaikan masalah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Hotraja dalam sambutannya mengatakan Bupati Samosir telah menyerahkan beasiswa tingkat SD dan SLTP sewaktu perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 dan sekarang dilakukan persiapan untuk tingkat SMA dan Mahasiswa. "Terkait dengan manajemen BUMDES agar tetap dioptimalkan," ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Samosir menyampaikan  program-program Pemerintah Kabupaten Samosir agar betul-betul dilaksanakan dilapangan, terkait program sirtunisasi supaya kepala desa mendata sebanyak mungkin terhadap masyarakat yang akan dibuka jalan untuk pertanian.

Menurutnya, sirtunisasi ini jadi solusi jangka pendek yang langsung dirasakan masyarakat dan akan tetap dijalankan. Pemkab Samosir bertekad agar seluruh jalan di desa terakses terutama sentra-sentra pertanian.

"Kepala desa diharapkan mensosialisasikan kepada masyarakat agar jalan dapat dibuka supaya masyarakat terbantu. Jalan antar desa terhubung masyarakat akan senang dan saya sangat bangga karena antusias masyarakat dan kepala desa sudah cukup baik dan menjadi semangat buat saya," ungkap Bupati Samosir.

Vandiko juga menginstruksikan kepada dinas pertanian untuk menggalakkkan program pembuatan pupuk organik dan agar kepala desa betul-betul mendukung di daerah masing-masing.

"Di beberapa desa telah dilaksanakan dan menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan pupuk kimia. Diharapkan desa dapat membuat pupuk organik untuk dibagikan ke masyarakat  dan didampingi dinas pertanian," tambahnya.

Terakhir, Bupati Samosir meminta kepada kepala desa agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum, mengharapkan inspektorat mendampingi kepala desa dalam penyerapan anggaran desa dan diharapkan penyerapan anggaran agar cepat dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat.(ril).
×
Berita Terbaru Update