-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Pulau Migingo, Mini Tapi Padat Penduduk

Rabu, 15 Juni 2022 | 07.43 WIB Last Updated 2022-06-15T07:45:28Z
Migingo Island.(trtworld).
Afrika(DN)
Pulau Migingo, sebuah pulau batu kecil yang memiliki ukuran tak lebih dari sebuah lapangan sepak bola, namun padat penduduk.

Pulau tersebut terletak di Danau Victoria, yang merupakan danau terbesar di Afrika. Meski ukurannya sangat kecil, Pulau Migingo menjadi salah satu penghasil ikan di Afrika yang hasil lautnya diekspor langsung ke Uni Eropa.

Karena perairan di sekitar Pulau Migingo memiliki hasil laut yang melimpah, pulau ini menjadi rebutan oleh dua negara di Afrika.

Dilansir dari Kumparan, Kenya dan Uganda adalah negara yang memperebutkan klaim kepemilikan dari pulau tersebut. Karena kekayaan hasil lautnya, kedua negara tersebut sama-sama ngotot ingin memiliki Pulau Migingo.

Hal tersebut dikarenakan perairan yang mengelilingi pulau ini memiliki banyak ikan Nile Perch yang merupakan salah satu ikan yang dikonsumsi masyarakat Afrika. Sehingga tak heran jika pulau ini diperebutkan negara-negara tetangganya.

Meski tengah diperebutkan, penduduk Migingo tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Bahkan, sensus yang pernah dilakukan Kenya melaporkan bahwa di pulau tersebut terdapat sekitar 131 orang dan diperkirakan saat ini jumlahnya telah bertambah hingga mencapai 500 orang.

Pulau tersebut berisi gubuk-gubuk penuh sesak yang terbuat dari kardus dan kayu. Sebagian besar penduduk di pulau ini bekerja sebagai nelayan dan pedagang ikan.

Meskipun hanya berukuran kecil, akan tetapi Pulau Migingo memiliki lima bar, salon kecantikan, apotek, beberapa hotel, bahkan sebuah rumah bordil. Namun, kemiskinan yang terjadi dan penangkapan ikan berlebihan masih berlanjut di pulau tersebut.

Belum lagi insiden yang sempat memancing tensi konflik kedua negara di mana polisi Kenya dilaporkan pernah mengangkat bendera Kenya di pulau tersebut. Lalu, pasukan Uganda yang berada di pulau itu menurunkan bendera dan memperingatkan polisi Kenya yang ada di pulau itu untuk tidak melakukan upaya semacam itu lagi.

Perseteruan antara Uganda dan Kenya terkait Pulau Migingo berakhir dengan kesepakatan untuk membagi wilayah tersebut pada 2009.

Yang menarik lainnya, adalah tak jauh dari Pulau Migingo, terdapat pulau yang lebih luas yang bernama Pulau Usingo yang terletak sekitar 200 meter dari Pulau Migingo.

Namun para penduduk Pulau Migingo tidak ada yang mau berpindah, karena ada legenda setan yang menghantui Pulau Isingo, sehingga nelayan lebih senang tinggal di tempat sesak di Pulau Migingo.(red/Kumparan).
×
Berita Terbaru Update