-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Didampingi Kapolda Sumut, Irwasum Polri Cek Operasi Ketupat Toba di Samosir

Senin, 09 Mei 2022 | 16.18 WIB Last Updated 2022-05-09T14:38:04Z
Irwasum Polri didampingi Kapolda Sumut serta disambut Kapolres Samosir, cek pelaksanaan Operasi Ketupat Toba di Kabupaten Samosir.(Humas Polres Samosir).
Samosir(DN)
Inspektur Pengawasan Umum Kepolisian Republik Indonesia (Irwasum Polri), Komjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra Simanjuntak, M.Si cek pos pengamanan dan pelayanan libur Lebaran di Kabupaten Samosir, Senin, 9 Mei 2022.

Turut mendampingi sejumlah pejabat Polda Sumut, yakni, Irwil Wilayah Sumatera Utara Ops Ketupat Toba 2022 Brigjend Pol Leonidas Braksan, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Armia Fahmi dan Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Irianto.

Rombongan Irwasum Polri bersama Kapolda dan para petinggi Polda Sumut itu, disambut langsung Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH bersama Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, mewakili Kajari Samosir, Wakapolres, sejumlah pejabat Polres dan pimpinan OPD Kabupaten Samosir.

Dengan menaiki helikopter milik Direktorat Pol Air Polda Sumut Nomor 3303, sekira pukul 11.50 Wib, Irwasum Polri dan Kapolda Sumut beserta rombongan tiba di Lapangan Simanindo Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Selanjutnya, rombongan berangkat menuju Pos Yan Pelabuhan Ambarita, guna melakukan pengecekan dan kegiatan vaksinasi.
Irwasum Polri bersama rombongan mengecek pelaksanaan vaksinasi di Pos Yan Pelabuhan Ambarita.
Setiba di Pos Yan Pelabuhan Ambarita, Irwasum Polri beserta rombongan disambut dengan tarian Tor-tor Batak yang dibawakan oleh Sanggar Jolo New serta pengalungan Stola khas Batak oleh Polisi Cilik Polres Samosir.

Kepada Irwasum Polri dan Kapolda Sumut, kepala Pos Yan Pelabuhan Ambarita, IPTU Nandi Butar-butar dan Dr. Rokki Sipahutar selaku penanggung jawab Bengkel Vaksinator dari Puskesmas Ambarita melaporkan sejumlah hal.

Iptu Nandi dalam laporannya, menyampaikan bahwa jumlah personil pos yang bertugas terdiri dari 6 orang personil Polri, 4 anggota Dinkes, 2 anggota Sat Pol PP, dan 2 anggota Dishub.

Dikatakan, tugas dan tanggung jawab dalam Pos Yan Pelabuhan Ambarita ini, dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Toba tahun 2022 di wilkum Polres Samosir.

Ditambahkan, Dr. Rokki Sipahutar, bengkel vaksinator yang ada di Pelabuhan Ambarita, diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin divaksin. Dimana dalam pelaksanaannya, petugas Bengkel Vaksinator juga dibantu Dinas Kesehatan, Puskesmas Ambarita dan team vaksinator dari Klinik Polres Samosir.
Irwasum Polri bersama Kapolda Sumut dan rombongan memberikan bingkisan lebaran kepada petugas Pos Yan Pelabuhan Ambarita.
Sementara itu, Irwasum Polri, Komjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si menyampaikan, kunjungan ini sebagai Kawas Operasi Terpusat Ketupat 2022. Dimana pihaknya melakukan pengecekan terhadap kesiapan sarana dan prasarana pos pelayanan maupun pengamanan selama libur lebaran.

Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang masih liburan, sehingga Kapolri memerintahkan agar Operasi Ketupat diperpanjang.

Dirinya juga menghimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan arahan Bapak Kapolri. Selain itu juga pastikan para pengunjung sudah melaksanakan vaksinasi dosis III.

Pencapaian vaksin di Samosir, sambungnya, merupakan sesuatu pencapaian yang baik, untuk dosis I, 98%, dosis II 92 % dan dosis III 62 %, sehingga tercapai kekebalan komunal (herd immunity).

"Keberhasilan ini bukan hanya keberhasilan polisi saja tetapi juga keberhasilan masyarakat bisa menjaga situasi Kamtibmas," ungkap Agung Budi Maryoto.

"Danau Toba sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) harus didukung, terutama dalam pengembangan UMKM di Samosir dan peningkatan perekonomian di Sumatera Utara, tutup Irwasum.

Pada kesempatan ini, Irwasum Polri, Komjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, M.Si bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra Simanjuntak, M.Si juga memberikan bingkisan lebaran kepada para petugas pos Yan Pelabuhan Ambarita.

Seusai dari Pos Yan Pelabuhan Ambarita, rombongan berangkat menuju Kampung Siallagan Desa Siallagan Pinda Raya Kecamatan Simanindo. Irwasum Polri mengunjungi situs objek wisata Batu Parsidangan.

Dan selepas makan siang di Rumah Makan Sekapur Sirih Kelurahan Tuk-tuk Siadong, rombongan bergerak dari Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun dengan menggunakan kapal cepat milik Direktorat Pol Air Polda Sumut.(red).
×
Berita Terbaru Update