-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Anjungan Listrik Mandiri di Pelabuhan Simanindo Diresmikan

Kamis, 12 Mei 2022 | 06.44 WIB Last Updated 2022-05-12T03:48:08Z
Pegawai PLN menjelaskan cara kerja ALMA kepada Bupati Samosir.
Samosir(DN)
Sebagai bentuk dukungan dalam memajukan pariwisata Danau Toba, PT PLN (Persero) membangun ALMA, terobosan baru kelistrikan, di Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Pandapotan Manurung mengatakan, pembangunan ini untuk mendukung pariwisata di Danau Toba khususnya di Kabupaten Samosir.

Menurutnya, dengan daya 23 KVA, Alma hadir untuk memenuhi kebutuhan listrik kapal saat sandar inap, kebutuhan listrik dermaga dan masyarakat sekitar pelabuhan.

Hal ini juga sudah menjadi komitmen PLN UIW Sumut untuk mendukung kepariwisataan di Danau Toba khususnya Kabupaten Samosir.

"Melihat kondisi Pariwisata Samosir yang semakin pesat, dalam 2 bulan kedepan, kami akan membangun tempat charger listrik dan menyediakan 4 unit sepeda motor listrik, sehingga wisatawan dapat keliling dengan menggunakan motor listrik," tambah Pandapotan.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom yang hadir untuk meresmikan, mengapresiasi peran PLN dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Samosir.

Dikatakan, program electrifying marine PLN sangat penting untuk membantu operasional kapal fery dan kapal kayu di Pelabuhan. Alma akan menjadi sumber listrik kapal saat bersandar sehingga mengurangi beban operasional.

Selain itu, Alma diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat sekitar dan kepariwisataan lainnya di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir juga mengharapkan pembangunan ALMA dapat diterapkan di pelabuhan yang ada di kawasan Danau Toba khususnya pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kabupaten Samosir.

"Harapannya, melalui Program Electrifying Marine PLN ini, ALMA dapat dikembangkan dan dibangun di setiap pelabuhan penyeberangan di Kabupaten Samosir," ujarnya, Rabu, 11/5

Dalam kesempatan ini Bupati Samosir bersama GM PLN UIW Sumut menyaksikan penandatanganan kerjasama Manager UP3 Bukit Barisan dengan pengelola pengembangan Pelabuhan Simanindo.

Selanjutnya, Bupati Samosir bersama GM PLN Unit Induk Wilayah Sumut melihat secara langsung proses penyalaan dan penyaluran listrik ke fery dan kapal penumpang.(ril).
×
Berita Terbaru Update