-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Lomba Pembuatan Itak Nanihopingan Semarakkan Perayaan Hari Kartini di Samosir

Kamis, 28 April 2022 | 14.54 WIB Last Updated 2022-04-28T08:06:20Z
Pembukaan lomba pembuatan Itak Nanihopingan dalam rangka peringatan Hari Kartini di Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Perlombaan pembuatan Itak Nanihopingan, yang merupakan salah satu kuliner tradisional khas Batak, menghiasi perayaan dan peringatan Hari Kartini ke-143 di Kabupaten Samosir, Kamis, 28 April 2022 di Kompleks Tugu Raja Naibaho.

Acara yang juga dirangkai dengan Pekan Kebudayaan Daerah ini dihadiri Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Wakapolres Samosir, Ketua PKK Ny. Harta Rohana Martua Sitanggang, dan Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP).

Serta diramaikan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Samosir, Bhayangkari Polres Samosir, Adyaksa Dharmakarini Kabupaten Samosir, Persit Kartika Candra Kirana Kabupaten Samosir, Wanita Katolik Indonesia, Persatuan Wanita Kristen Indonesia Kabupaten Samosir, Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia Kabupaten Samosir, Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Samosir dan RW Bank Sumut Kabupaten Samosir.

Adapun HUT Kartini tahun ini mengangkat thema: 'Semangat Hari Kartini 2022 kaum perempuan harus cerdas, bijaksana dan mampu memberikan manfaat pada lingkungan keluarga dan tampil di masyarakat.'

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang saat membuka perlombaan, menyampaikan kaum perempuan harus menghargai dan menghormati perjuangan RA. Kartini, yang mengangkat derajat dan membebaskan perempuan dari belenggu kebodohan dan keterbelakangan.

"Perempuan yang terhormat harus dapat meningkatkan kwalitas, mandiri dengan berbagai pengetahuan dan berani menyuarakan haknya. Tangguh dan profesional di era globalisasi dengan tidak meninggalkan kodrat sebagai perempuan," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa dewasa ini banyak perempuan dijadikan sebagai sebuah sarana untuk tujuan tertentu yang tidak mulia, maka dari itu semua pihak harus terlebih kaum perempuan harus membendung perempuan tetap pada posisinya dan terhormat, menghadang dan menghardik segala tindakan yang menganggap perempuan rendah.

Martua menitipkan pesan agar para pria (suami) menghormati istri sebaliknya istri patuh kepada suami. Setara dan saling menghargai, mencontoh karakter RA. Kartini.

"Mari Kartini Samosir tingkatkan kwalitas dan bentengi diri dengan pengetahuan dan tidak lupa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha kuasa, kobarkan api semangat Kartini, ciptakan kartini-kartini yang baru yang mandiri, tangguh dan profesional mengahadapi setiap tantangan di era globalisasi," pungkas Wabup.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Samosir bersama Wakapolres, Pj. Sekda juga menyerahkan penghargaan kepada Wanita berjasa di Kabupaten Samosir dibidang pertanian, yakni Justina Tarigan.(SBS).
×
Berita Terbaru Update