-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Kabupaten Samosir Gandeng ATB Untuk Tingkatkan Pelayanan Air Bersih

Rabu, 23 Maret 2022 | 15.34 WIB Last Updated 2022-03-23T13:37:19Z
Konsultasi DPRD Samosir ke Kantor ATB.
Samosir(DN)
DPRD Kabupaten Samosir menyambangi Kantor Adhya Tirta Batam (ATB) untuk menjalin komitmen bersama. Dimana Kabupaten Samosir berencana menggandeng ATB untuk meningkatkan kualitas layanan air bersih.

“Kerjasama ini akan terwujud, walaupun ada keterlambatan akibat perkembangan di Samosir beberapa waktu belakangan,” ujar anggota Tim B Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Samosir, Renaldi Naibaho, Rabu, 23 Maret 2022, saat diwawancarai terkait konsultasi pekan lalu ke Batam.

Renaldi Naibaho bersama 9 anggota DPRD Samosir lainnya datang khusus ke ATB untuk memberikan kepastian kepada perusahaan, sekaligus berkonsultasi terkait sejumlah aspek yang akan perlu dipersiapkan untuk rencana kerjasama tersebut.

Saat ini DPRD Samosir tengah melakukan finalisasi Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) pembentukan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Natio. Perusahaan tersebut nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Kabupaten Samosir dalam kerjasama tersebut.

“Kami targetkan akan selesai di masa sidang pertama ini. Paling lambat April mendatang,” ungkapnya.

Menurutnya, peningkatan layanan air bersih di Kabupaten Samosir telah menjadi prioritas, seiring dengan Visi pembangunan Kabupaten Samosir yang Sejahtera, Bermartabat Secara Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi.

“Salah satu yang ingin dikejar adalah masalah kesehatan. Itu berhubungan langsung dengan air. Karena itulah kami hadir di ATB,” jelasnya.

Disamping itu, kebutuhan akan layanan air bersih yang optimal juga akan menjadi daya dukung utama bagi rencana pengembangan Kabupaten Samosir sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

Dia percaya, geliat pariwisata Kabupaten Samosir akan terdongkrak bila dukungan infrastruktur air bersih dapat dikelola dengan baik. Sehingga dapat memberikan daya ungkit kepada ekonomi masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau hanya bergerak sendiri, maka harapan masyarakat itu sampai kapanpun tidak akan bisa terpenuhi,” tuturnya.

Dijelaskan politisi Dapil 1 itu, Presiden Direktur ATB, Benny Andrianto Antonius menyambut niat Kabupaten Samosir dengan tangan terbuka. ATB telah memiliki pengalaman 25 tahun mengelola air bersih di Kota Batam, dan mendapat predikat sebagai perusahaan air bersih terbaik di Indonesia.

Selain itu, ATB juga didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta teknologi yang mutakhir. ATB merupakan pemilik teknologi SPARTA Smart Solution, yang terbukti mampu membantu perusahaan meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Batam.

“ATB berhasil memberikan terbaik. ATB menjadi perusahaan air bersih terbaik di Indonesia dengan cakupan pelayanan 99,7 persen. Teknologi SPARTA Smart Solution ini kedepan akan menjadi aset yang dapat membantu untuk meningkatkan layanan air di Samosir, dan Indonesia pada umumnya,” paparnya.(red).
×
Berita Terbaru Update