-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Bupati Samosir Audiensi ke Kementerian ESDM

Rabu, 09 Maret 2022 | 08.17 WIB Last Updated 2022-03-09T06:18:59Z
Audiensi Bupati Samosir ke Kementerian ESDM.
Samosir(DN)
Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom didampingi Staf Ahli Bupati, Kepala Bappeda, Plt Kadis PUTR audiensi ke Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM RI, di Jakarta, Selasa (8/3).

Kunjungan Bupati Samosir yang diterima Sekretaris Dirjen EBTKE Syahid Jumaidi ini, sebagai tindak lanjut kunjungan Presiden RI pada Februari silam dan untuk percepatan 10 program unggulan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Vandiko memaparkan kebutuhan-kebutuhan Kabupaten Samosir khususnya yang berhubungan dengan energi baru terbarukan dan konservasi energi, seperti kebutuhan Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS), dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop untuk kantor-kantor pemerintahan di Samosir. 

Dikatakan Bupati Samosir, dalam rangka mewujudkan visi pembangunan Kawasan Danau Toba dan sekitarnya sesuai dengan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) for Lake Toba, dibutuhkan sinergitas dan sinkronisasi dengan pemerintah pusat.

"Dalam pencapaian program prioritas sub sektor ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan dibutuhkan sinergitas dan sinkronisasi sehingga kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata di Kabupaten Samosir meningkat,” jelas Bupati Vandiko.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen EBTKE Syahid Jumaidi menyambut baik paparan Bupati Samosir, dan akan menampung usulan-usulan tersebut untuk dimasukkan kedalam rencana anggaran Kementerian ESDM.

Dijelaskan juga pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan Pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) sebanyak 100 titik di Kabupaten Samosir.

Di akhir pertemuan, Bupati Samosir menyerahkan proposal permohonan bantuan bantuan Penerangan Jalan Umum Tata Surya (PJU-TS) pada lokasi destinasi pariwisata dan pembangunan PLTS rooftop pada Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial (Fasum-Fasos) di Kabupaten Samosir.(SBS).
×
Berita Terbaru Update