-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

10 Suku Terbesar di Indonesia, Suku Batak Urutan Ketiga

Jumat, 04 Maret 2022 | 11.51 WIB Last Updated 2022-03-04T04:51:42Z
Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Batak Tob.(kompas).
Medan(DN)
Indonesia dikenal dengan semboyannya yang berbunyi 'Bhinneka Tunggal Ika' karena memiliki keanekaragaman mulai dari suku hingga agama. Ada banyak suku di Indonesia yang masih memegang teguh dengan prinsip adat istiadatnya.

Berdasarkan data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, terdapat 1.331 suku di Indonesia berdasarkan provinsi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Diantara beragam suku tersebut, sebanyak 10 suku terbesar di Indonesia mencatat jumlah populasi terbanyak di Indonesia. Sebagian besar suku ini bermukim di sejumlah pulau-pulau terbesar di Indonesia yang kaya akan keragaman suku bangsa. 

Berikut 10 Suku Terbesar di Indonesia berdasarkan data BPS dari sensus penduduk tahun 2010. 

1.Jawa
Suku Jawa menjadi suku dengan jumlah populasi terbesar di Indonesia. Suku ini menjadi mayoritas yang berada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan bahkan ada yang sampai migrasi ke luar negeri seperti Suriname dan Malaysia.

Menurut BPS SP201O, Suku Jawa memiliki jumlah populasi sebanyak 95.217.022 penduduk atau setara dengan 40,22 persen penduduk Indonesia berasal dari suku ini. Suku Jawa dikelompokkan bersama suku lainnya yang berada di Pulau Jawa seperti Suku Osing, Tengger, Samin, Bawean/Boyan, Naga, Nagaring, dan suku lain di Pulau Jawa.

2.Sunda
Suku ini banyak mendiami Provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Wilayah Suku Sunda biasa dikenal dengan wilayah Pasundan yang berada di Barat Pulau Jawa seperti di Provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Menurut data statistik BPS orang yang menjadi bagian dari suku sunda berjumlah 36.701.570 jiwa atau setara dengan 15,50 persen dari jumlah seluruh penduduk Indonesia.

3.Batak
Suku yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini memiliki jumlah populasi sebanyak 8.466.969 jiwa. Berdasarkan persentase suku ini mencapai 3,58 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Suku terbesar ketiga ini tersebar di berbagai provinsi di Indonesia seperti, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Riau, Batam, Kepulauan Riau, dan Jawa Barat. 

4.Asal Sulawesi
Suku Asal Sulawesi adalah semua suku di Sulawesi selain Suku Minahasa, Bugis, Makassar dan Gorontalo. Suku ini banyak mendiami provinsi yang berada di Pulau Sulawesi.

Menurut BPS jumlah suku asal Sulawesi ini mencapai 3,22 persen di Indonesia atau sejumlah 7.634.262 jiwa dari total penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 270 juta jiwa.

5.Madura
Suku Madura menjadi Suku terbesar kelima di Indonesia. suku ini mendiami timur Pulau Jawa tepatnya di Pulau Madura sendiri. Suku ini sempat menjadi populer karena terlibat konflik antar suku dengan Suku Dayak Kalimantan.

Suku ini tercatat memiliki jumlah populasi sebanyak 7.179.356 jiwa atau setara dengan 3,03 persen dari populasi orang Indonesia.

6.Betawi
Suku Betawi sudah ada sejak masa Kolonial Belanda di Batavia. Suku ini merupakan suku perpaduan antara suku-suku yang pernah mendatangi Batavia saat masa penjajahan Belanda.

Sampai saat ini suku Betawi terus berkembang mencapai populasi 2,88 persen atau sejumlah 6.807.969 jiwa di Indonesia.

7.Minangkabau
Suku Minangkabau merupakan suku yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Suku ini dikenal dengan suku yang suka merantau. Keberhasilan orang Minangkabau dapat dilihat dari kulinernya yang tersebar hampir di Pulau Jawa. 

Suku ini memiliki pusat persebaran di Sumatera Barat dan Riau. Suku Minangkabau memiliki jumlah populasi sebanyak 6.462.713 jiwa setara dengan 2,73 persen dari total penduduk di Indonesia.

8.Bugis
Suku ini menjadi suku terbesar di Indonesia di posisi kedelapan. Suku Bugis berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Suku ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.359.700 jiwa atau dalam persentase 2,69 persen dari penduduk Indonesia.

9.Melayu
Suku Melayu termasuk suku Austronesia yang memiliki persebaran sangat luas bahkan sampai luar negeri seperti Malaysia dan Taiwan. Suku ini juga mendiami Indonesia dan tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Suku ini mempunyai jumlah populasi sebanyak 5.365.399 jiwa di Indonesia atau sekitar 2,27 persen dari keseluruhan penduduk di Indonesia.

10. Asal Sumatera Selatan
Suku terbesar di Indonesia yang terakhir adalah suku asal Sumatera Selatan. Suku ini memiliki persentase sebesar 2,16 persen dari total penduduk Indonesia atau sebanyak 5.119.581 jiwa.

Itulah 10 suku terbesar di Indonesia menurut Badan Pusat Statistik di Indonesia pada sensus penduduk tahun 2010. Masih banyak suku yang ada di Indonesia, yang menandakan bahwa Indonesia kaya akan suku bangsa.(red/inews).
×
Berita Terbaru Update