-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Togar Siboro Tetap Antusias Mengedukasi Pokdarwis di Samosir

Selasa, 22 Februari 2022 | 13.10 WIB Last Updated 2022-02-22T09:25:40Z
Togar Siboro.
Samosir(DN)
Togar Siboro selaku Sekretaris ILMI (Inspirator Lebah Madu Indonesia) cabang Samosir, mengunjungi Pokdarwis O2 Desa Sijambur Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir, Senin (21/2/2022).

Bersama Pokdarwis O2, ia mengundang Wakil ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga untuk melakukan penanaman pohon yang nantinya sebagai penghasil makanan lebah madu.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala desa Sijambur, Ketua Ilmi Kabupaten Samosir Tomu Raja Tamba dan Ketua Pokdarwis O2 Jahadin Tamba serta para anggotanya serta beberapa orang masyarakat setempat.

"Kita juga melibatkan anak sekolah dalam penangkaran ini dengan tujuan agar pokdarwis ini akan menjadi pusat pembelajaran bagi siswa siswi khususnya pengetahuan tentang budidaya lebah madu," kata Togar Siboro.

Pada kesempatan itu, kepada Pantas Marroha Sinaga, Togar Siboro menyampaikan permohonannya kepada DPRD dan Pemerintah Samosir agar memberikan perhatian khusus kepada Pokdarwis O2.

Ketika wartawan bertanya apa hubungannya dengan Pokdarwis O2, sedangkan ia sekarang bertugas di kantor Lurah Siogung-ogung, Togar Siboro menganggap ini semata-mata sebagai bukti kecintaannya kepada pokdarwis yang pernah dibinanya.

"Sebelumnya, kita kepala bidang kerjasama di dinas pariwisata, saat itu bahwa Pokdarwis O2 ini adalah binaan kita dari dinas pariwisata. Jadi meskipun kita pindah tugas, bukan berarti yang sudah kita edukasi kita tinggalkan begitu saja, tetap jalin komunikasi dan kerjasama," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, selain Pokdarwis O2, ternyata pokdarwis yang diedukasinya sewaktu dia menjabat sebagai kabid di dinas Pariwisata juga diberlakukan hal yang sama.

Ia menyebutkan beberapa pokdarwis yang masih terjalin komunikasi dengannya antara lain pokdarwis di Kecamatan Onanrunggu tepatnya desa Pardomuan yang kontennya berbasis cafe bagot dan lebah madu, Pokdarwis Tanjungan di Kecamatan Simanindo.

Kemudian pokdarwis yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Samosir dan sudah cukup berhasil yaitu desa wisata bagot di Lumban Sitanggang Kecamatan Pangururan.

Ada juga Pokdarwis Bona-bona air terjun yang ada di Salaon Dolok Kecamatan Ronggurnihuta yang saat ini sedang berbenah.

Selanjutnya, Pokdarwis Hutabalian dan Siboro di kecamatan Sianjur Mula-mula dan Pokdarwis Sabulan di Kecamatan Sitiotio yang dalam waktu dekat akan dikukuhkan oleh pemerintah. Semua itu tentu kata kuncinya adalah sadar wisata.

Salutnya, Togar Siboro tak kenal lelah meski hal itu dilakukannya diluar jam kerja kantor atau pada saat hari libur. "Step by step dari komunikasi dan juga kunjungan, itu kita usahakan setiap hari Sabtu, bahkan juga target kita nanti di Kelurahan Siogung-ogung itu nanti berbasis lebah juga ada kita edukasi dengan pak lurah," terangnya.

Seolah kegagalan yang dialami pokdarwis yang pernah diedukasinya, itu merupakan kegagalannya juga, sehingga ini sudah dianggapnya sebagai tanggung jawab dan beban moralnya kepada para pokdarwis tersebut.

Dari beberapa informasi yang didapat, Togar Siboro merupakan sosok yang sangat dirindukan oleh pokdarwis-pokdarwis yang ada di Samosir, karena dianggap mampu mengedukasi dan menyadarkan mereka untuk memajukan pariwisata.

Meski sekarang dirinya bekerja di Kantor Kelurahan Pasar Pangururan, itu tak membuat semangatnya surut untuk mengedukasi pokdarwis-pokdarwis di Samosir.(red/Jef).
×
Berita Terbaru Update