-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Covid-19 Melonjak Drastis di Samosir, Satgas Cek Kesiapan Tempat Isolasi Terpusat

Rabu, 23 Februari 2022 | 07.19 WIB Last Updated 2022-02-23T03:22:54Z
Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengecek kesiapan tempat isolasi terpusat.
Samosir(DN)
Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir yang dipimpin Ketua Pelaksana Jabiat Sagala, melakukan monitoring kesiapan tempat Isolasi Mandiri Terpusat (ISOTER) yang berada di gedung asrama Balai Latihan Kerja (BLK) Parbaba serta melakukan sosialisasi penegakan protokol kesehatan (prokes) di Pelabuhan Simanindo, Selasa (22/2).

Langkah tersebut sebagai kesiapsiagaan dalam antisipasi  lonjakan Covid-19 apabila pasien membutuhkan Isolasi Terpusat(Isoter). Kapasitas yang sudah disiapkan di Isoter BLK Samosir ini terdiri dari 20 tempat tidur dan bila diperlukan bisa ditingkatkan sampai 100 tempat tidur.

Dalam hal ini Ketua pelaksana Tim satgas Covid-19 menegaskan agar tempat Isoter ini dipersiapkan dengan baik kebersihan, kerapian, kamar mandi dan peralatan penunjang lainnya.

"Apabila sampai digunakan pasien Isoter yang menggunakan harus nyaman dan aman melakukan Isolasi terpusat sehingga bisa cepat pulih dan sembuh," ujar Jabiat.

Setelah selesai pengecekan tempat isolasi terpusat, rombongan Tim Satgas Covid-19 melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Simanindo untuk sosialisasi penegakan prokes bagi para pengunjung yang akan datang ke Kabupaten Samosir.

Tim mensosialisasikan kepada para pengguna Pelabuhan Simanindo untuk mengikuti Protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Beberapa pengguna layanan pelabuhan yang tidak memakai masker ditegur tim satgas.
Pengecekan tempat isolasi terpusat.
Plt. Kepala Dinas Kominfo Ricky Rumapea menjelaskan kegiatan ini sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati Samosir Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Samosir.

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir senantiasa mengingatkan kepada seluruh masyarakat samosir untuk bersama-sama dengan Pemerintah Daerah untuk menjadi garda terdepan dalam menegakkan dan mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan, jangan sampai lengah yang positif terus meningkat. "Jangan lupa ikuti vaksin I, II dan III silahkan hubungi kepala desa setempat," pungkasnya.

Adapun perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Samosir per Selasa, 22 Februari 2022, mengalami penambahan kasus baru sebanyak 57 orang. Sedangkan yang sembuh ada 9 orang, meninggal dunia, suspek dan probable, nihil.

Dengan demikian kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Samosir menjadi 347 orang, dimana 341 isolasi mandiri, 4 orang menjalani perawatan di RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan dan 2 orang dirawat di RS di luar Kabupaten Samosir.

Adapun kumulatif kasus sejak tahun 2020 yakni, konfirmasi positif: 2.047 orang, sembuh: 1.645 orang, meninggal: 55 orang. Sedangkan data vaksinasi, Dosis (1): 114.578, Dosis (1+2) :105.160 dan Booster: 11.785 orang.(SBS).
×
Berita Terbaru Update