-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Sandiaga Uno: Desa Wisata Huta Tinggi Memiliki Potensi yang Lengkap

Selasa, 09 November 2021 | 16.12 WIB Last Updated 2021-11-09T11:15:08Z
Kunjungan Sandiaga Uno ke Desa Wisata Huta Tinggi Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Untuk kesekian kalinya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno kembali berkunjung ke Kabupaten Samosir. Kali ini, Menparekraf berkunjung ke Desa Wisata Huta Tinggi Kecamatan Pangururan, Selasa, 9 November 2021.

Kunjungan ini disambut Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Forkopimda yakni Kapolres AKBP Josua Tampubolon SH MH, Wakil Ketua DPRD Pantas Marroha Sinaga dan lainnya serta Kadis Pariwisata Samosir, Dumosch Pandiangan.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno ke Desa Huta Tinggi dalam rangka meninjau secara langsung Desa Wisata dan menandatangani prasasti sekaligus memberikan piagam penghargaan Desa Wisata terbaik yang masuk dalam 50 besar se-Indonesia.

Wisata Desa Huta Tinggi terpilih sebagai 50 Desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dengan tema “Indonesia Bangkit” yang sudah dinilai oleh Tim Kurator dan Tim Dewan Juri ADWI 2021.

Selain itu, Desa Wisata Huta Tinggi juga mendapatkan reward berupa bantuan akses internet selama 1 (satu) tahun serta Program Pendampingan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) CHSE berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

Menparekraf Sandiago Uno menyampaikan bahwa Desa Wisata Huta Tinggi memiliki potensi yang lengkap, mulai dari wisata alam, Danau super vulkano eruption yang merupakan bagian dari pada letusan gunung berapi purba, wisata berbasis ecotourism pariwisata yang berwawasan lingkungan.

"Maksudnya, melalui aktifitas yang berkaitan dengan alam, wisatawan diajak melihat alam dari dekat, menikmati keaslian alam dan lingkungannya sehingga membuat tergugah wisatawan untuk mencintai alam, wisata berkelanjutan lingkungan ini merupakan salah satu persyaratan pariwisata yang berkualitas," ujarnya. 
Penyerahan penghargaan kepada Desa Wisata Huta Tinggi Kecamatan Pangururan.
Selanjutnya, menparekraf menyebutkan akan membawa G20 ke kawasan Danau Toba jika ada acara pertemuan dan semoga Kabupaten Samosir dapat menjadi tuan rumah pada acara tersebut.

Desa Wisata bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dengan berbasis alam dan budaya, selain dari wisata alam dan budaya menparekraf juga memberikan dua ekor kerbau guna mendukung wisata edukasi memerah susu kerbau untuk dijadikan olahan makanan khas Samosir.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan bantuan yang telah diberikan.

"Semoga bantuan tersebut dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan nilai ekonomi. Dengan kunjungan menparekraf ke Kabupaten Samosir khususnya di Desa Huta Tinggi diharapkan dapat meningkatkan gairah wisata," kata Bupati.

Selanjutnya Vandiko menyampaikan bahwa sebagai salah satu kawasan strategis wisata super prioritas memohon bantuan dan dukungan dari kementerian pariwisata dalam mendukung pengembangan Desa Wisata yang berskala nasional dan internasional.

"Dunia saat dilanda covid-19 ekonomi semakin terjepit, tapi tidak usah bersedih bersama bapak menparekraf Samosir pasti akan semakin bangkit," tutupnya.

Diakhir acara Bupati Samosir menyerahkan plakat sebagai bentuk ucapan terimakasih dan menyampaikan proposal bantuan guna mendukung perkembangan wisata di Kabupaten Samosir.

Turut hadir Staf Khusus Menteri Bidang Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi Irjen Pol. Krisnandi, Direktur Tata Kelola Destinasi Indra Ni Tua, Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip, Kadis Budaya Pariwisata Provsu Zumri Sulthony, S.Sos, M.Si, Dandim 0210 TU Letkol Inf Hari Sandra.(SBS).
×
Berita Terbaru Update