-->

Notification

×

iklan

Iklan

Pasca Diresmikan Bupati Samosir, Hari ini Dua Cabang Baru KMM Resmi Beroperasi

Kamis, 01 Juli 2021 | 17.32 WIB Last Updated 2021-07-01T12:46:46Z
Pemred Majalah Peluang Irsyad Muchtar bersama Korwil KMM Sumbagut II Sondang Sinurat dan 12 manajer serta sejumlah karyawan berphoto bersama dengan latar kantor cabang Ambarita.
Samosir(DN)
Mengawali bulan Juli tepatnya hari ini, Kamis, 1/7/2021, Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri (KMM) yang berkantor pusat di Bekasi, Jawa Barat itu, resmi mengoperasikan kantor cabang baru yang ke-11 dan 12 di Samosir atau cabang ke 159 dan 160 se-Indonesia yang tersebar di 21 provinsi.

Pengoperasian ini dilakukan pasca Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST menandatangani prasasti pembukaan dua cabang baru Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri (KMM) yakni di Sabulan Kecamatan Sitiotio dan Ambarita Kecamatan Simanindo, pada syukuran hari jadi ke-12 KMM di Pangururan, Kabupaten Samosir Sumatera Utara, Selasa (22/6/21) lalu.

Dengan dibukanya dua kantor cabang KMM di Samosir, Bupati Vandiko Timotius Gultom beberapa waktu lalu menyampaikan, agar kehadiran dua kantor cabang KMM di daerahnya, dapat memacu pertumbuhan UMKM terutama sektor pertanian yang jumlahnya dominan di Samosir. 

“Lebih dari 50 persen Produk Domestik Regional Bruto Samosir bersumber dari produk pertanian, saya berharap KMM dapat mendorong produksi pertanian tidak dijual mentah, tapi diolah menjadi produk setengah jadi sehingga meningkatkan nilai tambah ekonomi petani,” ujarnya.

Bupati menambahkan program Modal Usaha Mandiri (Muri) yang digelontorkan KMM sangat bermanfaat bagi UMKM di Samosir, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ketika lembaga keuangan mikro dan perbankan sulit melakukan penyaluran pinjaman.

Total dana Muri yang disalurkan KMM untuk UMKM mencapai Rp40 miliar dan menurut Bupati Gultom dana tersebut berdampak positif terhadap program cinta produk daerah yang tengah diusungnya, yaitu Beli Produk Kreatif Samosir.
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST saat menandatangani prasasti pembukaan dua cabang KMM di Kabupaten Samosir, beberapa waktu lalu.
Adapun seremoni pengoperasian kantor baru ini digelar di kantor KMM cabang Ambarita. Dihadiri Kordinator wilayah Sumbagut II Sondang Sinurat bersama 12 manajer cabang serta sejumlah karyawan KMM di Kabupaten Samosir.

Pada kesempatan itu, Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi Majalah Peluang, Irsyad Muchtar, yang konsen dalam sektor ekonomi, berkesempatan memberikan motivasi kepada para pengurus KMM di Kabupaten Samosir.

Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI melalui Korwil Sumbagut II Sondang Sinurat menyampaikan bahwa pembukaan kantor baru ini guna untuk lebih meningkatkan layanan dan kedekatan dengan anggota.

"Dengan dibukanya cabang Koperasi Makmur Mandiri yang baru ini, diharapkan anggota di wilayah Kecamatan Simanindo khususnya Ambarita dan sekitarnya dapat semakin mudah melakukan transaksi. Selain itu, dapat menggenjot perekonomian daerah setempat," ujarnya.

Sementara itu Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI mengatakan dalam rentang 12 tahun beroperasi, KMM telah berhasil mengembangkan usaha dengan 160 kantor cabang yang tersebar di 21 provinsi.

“Puji Tuhan KMM berjalan dengan baik dan mendapat dukungan pemerintah dengan ditunjuknya kami menjadi salah satu koperasi pelaksana program pemulihan ekonomi nasional serta dukungan pinjaman lunak dari LPDB-KUMKM,” ujar suami Jusniar Simbolon itu.

Dikatakan, pinjaman pembiayaan LPDB-KUMKM sebesar Rp 150 miliar telah dimanfaatkan oleh anggota untuk sektor produktif. Total anggota KMM kini sebanyak 73.604 orang yang dilayani oleh 1.350 karyawan.
Manajer KMM cabang Ambarita bersama tim.
Ditambahkan Tumbur Naibaho, hadirnya cabang ke 159 dan 160 di Ambarita dan Sabulan sebagai upaya menyosialisasikan perkoperasian di tanah Samosir. “Hingga kini belum banyak masyarakat yang tersentuh oleh lembaga keuangan mikro maupun perbankan, karena masih sulitnya menjangkau daerah tersebut. KMM hadir guna menjawab kendala tersebut” tutur Ketua KMM.

Terakhir, Hosman Sagala yang ditunjuk sebagai Manajer Cabang KMM Samosir 12 Ambarita, berharap kehadiran kancab yang dipimpinnya dapat memberi solusi pembiayaan kepada masyarakat sekitar.

“Mayoritas penduduk di sekitar kantor kami ini umumnya produktif, baik sebagai petani maupun pedagang, dan mereka akan kami rekrut untuk menjadi anggota potensial KMM,” cetus Hosman didampingi Kepala Cabang KMM Samosir 11 Sitiotio, Douglas F Silalahi.

Untuk operasi awal ini Hosman akan didampingi oleh 6 orang karyawan, tiga di antaranya marketing. Sedangkan Douglas dibantu 5 orang, dua diantaranya marketing.

Hingga Desember 2021, Hosman dan juga Douglas menargetkan dapat merekrut sekitar 600 anggota baru di wilayah operasinya.
KMM merupakan koperasi skala nasional yang berprestasi, sehat dan masuk dalam jajaran 100 koperasi besar di Indonesia.
Sebelumnya, KMM telah memiliki 10 kantor cabang di Kabupaten Samosir. Yakni Samosir 1 di Pardomuan 1 Kecamatan Pangururan, Samosir 2 di Sait Nihuta Kecamatan Pangururan dan Samosir 3 di Tomok Kecamatan Simanindo.

Serta kantor cabang Samosir 4 di Parbaba, Kecamatan Pangururan, Samosir 5 di Mogang Kecamatan Palipi, Samosir 6 di Kecamatan Nainggolan, Samosir 7 di Kecamatan Sianjur Mulamula, Samosir 8 di Onan Runggu, Samosir 9 di Kecamatan Harian, Samosir 10 di Kecamatan Ronggur Nihuta.

Dan dua cabang baru, yakni Samosir 11 di Kecamatan Sitiotio dan Samosir 12 di Ambarita Kecamatan Simanindo serta 1 SPBU Pangururan dan sejumlah lahan KMM.(SBS).
×
Berita Terbaru Update