-->

Notification

×

iklan

Iklan

Harkopnas ke-74: Makmur Mandiri Mobile, Digitalisasi KMM Menuju Koperasi Modern

Senin, 12 Juli 2021 | 00.38 WIB Last Updated 2021-07-12T01:54:59Z
KMM mengucapkan selamat Hari Koperasi Nasional ke-74 tahun.
Samosir(DN)
Hari Koperasi Indonesia atau Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) diperingati setiap tanggal 12 Juli. Sejarah dan perjalanan koperasi Indonesia sangat panjang, telah ada sebelum zaman kemerdekaan. 

Hari Koperasi Indonesia tahun ini adalah peringatan yang ke-74. Tema peringatan setiap tahun selalu berbeda-beda. Pada tahun 2021 ini, Hari Koperasi Indonesia mengambil tema "Transformasi digital koperasi menuju bisnis modern yang kuat dan bermartabat." Sedangkan tagline yakni "Digitalisasi menuju koperasi modern."

Adapun logo resminya, ada gambar buaya dan ikan hiu yang menjadi ikon Kota Surabaya. Untuk diketahui, acara puncak peringatan hari koperasi ke-74, tanggal 12 Juli 2021 dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur.

Selaras dengan tema Harkopnas tahun ini, salah satu koperasi nasional yakni Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri (KMM), terus berpacu meningkatkan kualitas layanan lewat transformasi digital dengan meluncurkan Makmur Mandiri Mobile pada tahun ini.
Makmur Mandiri Mobile transformasi KMM menuju koperasi modern.
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI menyampaikan, bahwa koperasi yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat ini terus berupaya dan berkomitmen memberikan layanan terbaik agar anggota koperasi merasa nyaman dan aman.

Kebijakan digitalisasi layanan ini sejalan dengan tren perubahan perilaku masyarakat dalam bertransaksi yang mengarah pada fleksibilitas. Sehingga KMM mengadopsi perkembangan teknologi digital dengan meluncurkan Makmur Mandiri Mobile.

Dijelaskan Putra Kelahiran Tanjung Bunga itu, saat ini aplikasi Makmur Mandiri Mobile sedang tahap migrasi database anggota yang tersebar di 160 cabang di 21 provinsi se-Indonesia. "Tahun depan, pelayanan melalui Makmur Mandiri Mobile ini nantinya sudah bisa dinikmati anggota dengan berbagai fasilitas yang ada di aplikasi kita," kata Suami Jusniar Simbolon tersebut, 11 Juli 2021.

Makmur Mandiri Mobile, sambungnya, memiliki fitur yang beragam, antara lain penyetoran simpanan maupun pinjaman, permohonan pinjaman, pengajuan menjadi anggota, pembelian pulsa, token, membayar asuransi dan fitur lainnya.
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI.
Lewat aplikasi ini, akan semakin mempermudah pelayanan kepada anggota maupun calon anggota. Serta menjadi modal kuat KMM untuk memantapkan kinerja dan manajemen perusahaan semakin profesional.

"Cukup dengan menggunakan smartphone berbasis android dan menginstal aplikasi Makmur Mandiri Mobile, layanan kepada anggota menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan modern," terang Tumbur Naibaho.

Terakhir, di Hari Koperasi Nasional ini, Tumbur menegaskan bahwa KMM koperasi yang berprestasi di tingkat nasional ini, senantiasa memegang teguh prinsip jati diri koperasi. "Dari Anggota, Oleh Anggota dan Untuk Anggota."

Hal ini jugalah yang mengantarkan KMM ke tangga kesuksesan dengan berbagai pencapaian. Di usianya yang baru menginjak 12 tahun ini, telah memiliki anggota mencapai 73.603 dengan kekayaan sebesar Rp 848 miliar serta karyawan 1350 orang.
KMM koperasi berprestasi tingkat nasional dan diakui pemerintah pusat.
Saat ini, KMM yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat tersebut telah memiliki 160 kantor cabang yang tersebar di 21 propinsi serta dua SPBU yakni di Pangururan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

"Puji syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada seluruh pengurus dan karyawan serta anggota atas kepercayaannya selama ini dalam membesarkan KSP Makmur Mandiri,"katanya.

Tumbur juga menerangkan, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, koperasi yang yang dipimpinnya juga mendapat kepercayaan dari Kementerian Koperasi & UKM RI melalui Lembaga Pinjaman Dana Bergulir (LPDP) untuk penyaluran pinjaman modal usaha sebesar Rp 150 miliar.
Makmur Mandiri group lebarkan sayap ke sejumlah sektor usaha lainnya, salah satunya SPBU.
Tak hanya itu, berkat kegigihan dan manajemen yang baik dari pengurus, dalam pengembangan usaha, Makmur Mandiri Group juga terus melebarkan sayap ke sektor lain melalui sejumlah anak perusahaannya.

Yakni PT Karunia Putri Sejati Makmur Mandiri mengelola SPBU Pangururan, PT Dipa Citra Marpati Makmur Mandiri mengelola SPBU di Klaten, PT Tunas Makmur Mandiri sektor properti dan pengembangan, PT Mobilindo Makmur Mandiri (rental mobil dan motor), PT Gemilang Makmur Mandiri (Entertainment dan musik), serta sektor perkebunan dan perumahan.

"Mari berkoperasi dengan bergabung bersama KMM. Bertumbuh bersama dengan berbagai produk KMM baik Pinjaman Modal Usaha Mandiri (MURI) dengan bunga ringan, maupun berbagai simpanan yakni simpanan sukarela mandiri (SKM), simpanan berjangka mandiri (SBM), dan sebagainya," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update