-->

Notification

×

iklan

Iklan

Satgas Covid-19 Samosir Monitoring ke Pantai Sipinggan, Panitia Resmi Tunda Festival Tuak

Sabtu, 05 Juni 2021 | 11.52 WIB Last Updated 2021-06-05T19:00:41Z
Tulisan di pintu masuk, bahwa panitia Festival Tuak Danau Toba membatalkan acara.
Samosir(DN)
Dalam rangka menindaklanjuti surat pembatalan rekomendasi Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir nomor 360/498/Sek.Covid-19/VI/2021 tentang ditundanya Festival Tuak Danau Toba yang seyogianya digelar 4-5 Juni 2021, Satgas Covid-19 menggelar monitoring penertiban kerumunan massa di Pantai Sipinggan, Kecamatan Nainggolan, Sabtu pagi, 5 Juni 2021.

Monitoring ini dipimpin Ketua Pelaksana Satgas, Jabiat Sagala (Sekda Samosir), bersama Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH, Plh Kasatpol PP Sahat Situmeang, Asisten I Mangihut Sinaga, Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Camat Nainggolan Barissan Simanullang, PJU dan kapolsek, puluhan personil Polres, personil Koramil Onan Runggu, pegawai Kejari dan Satpol PP.
Amatan dilapangan, patroli gabungan tersebut dilakukan dengan cara memberikan himbauan kepada masyarakat terkait antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang saat ini kasus positif meningkat signifikan di Kabupaten Samosir.

Sesampai di lokasi, terlihat dengan kesadaran sendiri, panitia penyelenggara Festival Tuak Danau Toba telah membatalkan acara tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan menutup pintu masuk ke lokasi acara.

Serta mencantumkan sebuah tulisan yang berisikan, yakni: "Sesuai dengan surat nomor 360/498/Sek.Covid-19/VI/2021, maka sebagai warga negara yang baik, kegiatan Festival Tuak Danau Toba 2021 dibatalkan oleh panitia."
Monitoring Satgas Covid-19 Samosir monitoring penertiban kerumunan di Pantai Sipinggan Kecamatan Nainggolan.
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH selaku Wakil Ketua Satgas Covid-19 menyampaikan bahwa monitoring ini memberikan imbauan dengan persuasif dan humanis kepada panitia dan masyakarat yang sedang berada di acara Festival Tuak Danau Toba di Pantai Sipinggan Kecamatan Nainggolan.

Dikatakan, guna menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir, kegiatan Festival Tuak Danau Toba ini ditunda sampai dengan waktu yang tidak dapat ditentukan. "Maka surat rekomendasi dari Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir nomor 360/437/Sek.Covid-19/VI/2021 perihal rekomendasi yang dikeluarkan, dinyatakan batal," ujar Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH.

Ditegaskan Kapolres Samosir, bahwa rekomendasi yang dikeluarkan sebelumnya tanpa persetujuan Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir. Baik dari Bupati Samosir maupun para forkopimda (Kapolres, Kajari, Dandim maupun Ketua DPRD Samosir) selaku Wakil Ketua Satgas Covid-19.
Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengecek surat-surat kelengkapan persyaratan masuk pengunjung dari luar kota.
"Surat rekomendasi itu atas inisiatif pribadi. Sehingga saat ini sedang kami proses yang bersangkutan. Atas dasar apa ia mengeluarkan rekomendasi tanpa persetujuan Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir," tegas AKBP Josua Tampubolon SH MH.

Dijelaskan juga, pasca Idul Fitri, terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Samosir mengalami peningkatan cukup signifikan. Sesuai data Dinas Kesehatan, hingga Jumat 4 Juni 2021, total jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 56 orang. Dan total kasus Covid-19 sebanyak 291 kasus.

Peningkatan kasus ini menjadi perhatian serius Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir. Terlebih pemerintah pusat juga telah melakukan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.
Mediasi Satgas Covid-19 dengan panitia yang didampingi Anggota DPRD Samosir Batahan Siringoringo.
Untuk itu, ditambahkan Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon SH MH jajaran Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengintensifkan patroli penertiban protokol kesehatan di tempat-tempat yang masih belum optimal dan disiplin menerapkan prokes.

Ditambahkan Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Jabiat Sagala yang juga Sekda Samosir, terkait kerugian panitia dalam acara ini, Pemerintah Kabupaten Samosir akan mempertimbangkan untuk mengganti.

Setelah mediasi rombongan Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir dengan panitia Festival Tuak Danau Toba yang didampingi Anggota DPRD Samosir, Batahan Siringoringo, panitia kooperatif untuk menunda acara Festival Tuak Danau Toba tersebut.
Rombongan Satgas Covid-19 Samosir berphoto bersama panitia.
"Kami bersama panitia dan masyarakat telah sepakat untuk menunda Festival Tuak Danau Toba ini. Saya berharap para panitia yang merupakan kalangan muda, untuk tetap semangat dan tetap berkarya," tukas perwakilan Masyarakat Sipinggan, Batahan Siringoringo yang juga anggota DPRD Samosir.

Para pengunjung yang ada di Pantai Sipinggan baik dari luar kota dan masyarakat setempat langsung membubarkan diri, dengan terlebih dahulu Satgas Covid-19 mengecek suhu tubuh, kelengkapan surat keluar masuk ke Kabupaten Samosir dan surat rapid antigen.(red).
×
Berita Terbaru Update