-->

Notification

×

iklan

Iklan

7 Kapolres di Sumut Dimutasi

Rabu, 02 Juni 2021 | 06.03 WIB Last Updated 2021-06-02T05:05:25Z
Ilustrasi.(BS).
Medan(DN)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah. Mutasi itu tertuang dalam dalam Surat Telegram Nomor 1129/VI/KEP/2021. Surat telegram itu ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam surat telegram itu, ada 7 kapolres di Sumatera Utara (Sumut) yang dimutasi. Yakni Kapolres Langkat, Simalungun, Tapanuli Tengah (Tapteng), Asahan, Tanjungbalai, Sibolga, dan Nias Selatan.

1.Kapolres Langkat
AKBP Edi Suranta Sinulingga yang sebelumnya menjabat dari Kapolres Langkat Polda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Waka SPN Polda Sumut.

Sementara jabatan Kapolres Langkat diserahkan kepada AKBP Danu Pamungkas Totok. Sebelumnya dia menjabat Danyontar TK III Mentarsis Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri..

2. Kapolres Simalungun
AKBP Agus Waluyo yang sebelumnya Kapolres Simalungun, digeser menjadi Kasubbagbinfung Sepusiknas Bareskrim Polri.

AKBP Nicolas Dedy Arifianto yang sebelumnya menjabat Kapolres Tapteng ditugaskan jabatan baru menjadi Kapolres Simalungun.

3. Kapolres Tapteng
Selanjutnya Kapolres Tapteng dijabat AKBP Christian Samma yang sebelumnya menjabat Kasatreskrim Polres Metro Jaksek Polda Metro Jaya.

4. Kapolres Asahan
Kemudian, AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang sebelumnya menjabat Kapolres Asahan Polda Sumut dimutasi jadi Irbid Itwasda Polda Kepri.

AKBP Putu Yudha Prawira yang sebelumnya menjabat Kapolres Tanjungbalai Polda Sumut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Asahan.

5. Kapolres Tanjungbalai
Lalu, AKBP Triyadi yang sebelumnya Kapolres Sibolga diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Tanjungbalai.

6. Kapolres Sibolga
AKBP Taryono Raharja yang sebelumnya Kasubdit III Direskrimum diangkat sebagai Kapolres Sibolga.

7. Kapolres Nias Selatan
AKBP Arke Furman Ambat yang sebelumnya Kapolres Nias Selatan diangkat sebagai Wadansatbrimob Polda Sulut. Sebagai penggantinya, AKBP Reinhadr Habonaran Nainggolan dari sebelumnya Ditreskrimsus Polda Sumut diangkat menjadi Kapolres Nias Selatan.

Rotasi Besar-besaran
Rotasi perwira tinggi dan perwira menengah itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/1129/IV/KEP/2021. Telegram ini atas persetujuan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Asisten Sumber Daya Manusia.

Tercatat, ada 348 pejabat yang dirotasi. Koorsahli Kapolri sebelumnya dijabat oleh Irjen Martuani Sormin. Irjen Martuani Sormin dimutasikan sebagai pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

Koorsahli Kapolri kini dijabat oleh Irjen Teguh Sarwono, yang sebelumnya menjadi Kapolda Bengkulu. Posisi yang ditinggalkan Irjen Teguh kini diisi oleh Brigjen Guntur Setyanto.

Brigjen Mulyanto, yang sebelumnya menjabat Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri, digeser menjadi Widyaswara Kepolisian Utama. Posisi yang ditinggalkan Brigjen Mulyanto kini dijabat oleh Brigjen Nasri.

Brigjen Asby Mahyuza, yang sebelumnya menjabat Wakapolda NTB, diangkat dalam jabatan baru sebagai Karotekkom Divisi TIK Polri. Posisi yang ditinggalkan oleh Brigjen Asby dijabat oleh Brigjen Ruslan Aspan.

Brigjen Ruslan sebelumnya menjabat Karojianbang Lemdiklat Polri. Jabatan tersebut kini diisi oleh Brigjen Juansih.(red/dtc).
×
Berita Terbaru Update