-->

Notification

×

iklan

Iklan

Kabupaten Samosir Fokus Wujudkan RPJPD Jadi Tujuan Wisata Internasional 2025

Kamis, 25 Maret 2021 | 18.21 WIB Last Updated 2021-03-25T14:26:53Z
Pembukaan Musrenbang Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Kepala Bappeda Kabupaten Samosir, Rudi SM Siahaan menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 adalah mempertajam indikator dan kegiatan prioritas sesuai dengan RPJPD Tahun 2005-2025, mewujudkan Samosir menjadi tujuan wisata internasional.

Hal ini ia sampaikan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir Tahun 2022, di Aula Hotel JTS Parbaba, Pangururan.

Musrenbang yang mengambil Tema: Peningkatan Kualitas SDM dan Percepatan Pemulihan Perekonomian Masyarakat, akan digelar selama dua hari, Kamis-Jumat (25-26 Maret 2021), dan dilaksankan secara Hybrid (Pertemuan tatap muka dan Virtual Zoom Meeting).

Lanjutnya, RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 merupakan RKPD tahun transisi, dalam penyusunannya mengacu kepada PERDA Kabupaten Samosir Nomor 3 Tahun 2006 tentang RPJPD Kabupaten Samosir Tahun 2005-2025, evaluasi RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2021, prioritas pembangunan nasional dalam rencana RKPD 2022.

"Dan isu-isu strategis yang berkembang saat ini dan prediksi dimasa yang akan datang baik di daerah regional, nasional maupun secara global. Serta program strategis Bupati dan Wakil Bupati Samosir terpilih periode 2021-2024," pungkasnya.

Sementara itu, Plh Bupati Samosir Drs. Jabiat Sagala, M. Hum saat membuka acara, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi yang telah mengalokasikan berbagai program pembangunan di Kabupaten Samosir.

"Semua keberhasilan yang dicapai adalah berkat Rahmat Tuhan YME dan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh aparatur lintas pemerintahan, dan khususnya jajaran Pemkab Samosir dari semua tingkatan dari mulai desa, kelurahan, Kecamatan yang didukung penuh oleh DPRD Kabupaten Samosir, FKPD dan seluruh elemen masyarakat," ujarnya.
Peserta Musrenbang Kabupaten Samosir.
Jabiat menjelaskan bahwa dalam rangka percepatan visi RPJPD Samosir Tahun 2005-2025 yaitu Samosir menjadi daerah tujuan wisata internasional 2025, betapa pentingnya pembangunan sektor pariwisata, pertanian dan UMKM untuk diprioritaskan Tahun 2022.

Juga dalam rangka pemulihan perekonomian masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19, mengingat sektor inilah yang menjadi penggerak perekonomian di Samosir. Secara simultan juga sektor pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas untuk peningkatan SDM Masyarakat Samosir.

"Atas dasar itulah tema RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 adalah Peningkatan Kualitas SDM dan Percepatan Pemulihan Perekonomian Masyarakat," tutur Plh Bupati Samosir.

Setelah acara pembukaan, Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir ini dilanjutkan dengan acara pemaparan dari narasumber yaitu Instansi Pemerintah Pusat, Bappeda Provinsi Sumatera Utara, BPS Kabupaten Samosir dan dilanjutkan dengan diskusi umum.

Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022; Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Kementerian PUPR Republik Indonesia, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir, FKPD Kabupaten Samosir.

Juga Bupati dan Wakil Bupati Samosir terpilih 2021-2024, Bupati Se-Kawasan Danau Toba, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Medan Kementerian PUPR, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Kepala Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba, Manager Geopark Kaldera Toba.

Serta Kepala Balai Perumahan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Bappeda Provinsi Sumut, Staff Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD dan Camat Se-Kabupaten Samosir, Kepala BPS Samosir, Pimpinan BUMN dan BUMD dan Instansi Vertikal, Ketua TP-PKK Kab. Samosir, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Samosir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Ormas, LSM dan Lintas profesi dan organisasi.(SBS).
×
Berita Terbaru Update