-->

Notification

×

iklan

Iklan

Polwan Cantik ini Jadi Kapolsek Saat Usianya Masih 23 Tahun

Minggu, 28 Februari 2021 | 11.03 WIB Last Updated 2021-02-28T04:50:00Z
Dhayita Daneswari.(detik.com).
Jateng(DN)
Disaat usianya masih 23 tahun dan baru enam tahun menjadi polisi, Dhayita Daneswari telah dipercaya menjadi Kepala Kepolisian Sektor Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Polisi wanita berpangkat inspektur polisi satu (iptu) ini menjadi salah satu kepala kepolisian sektor berusia muda. Menariknya, Iptu Dhayita juga harus memimpin para anggotanya yang mempunyai usia jauh di atasnya.

Dilansir dari akun YouTube Mediatama Co, Iptu Dhayita Daneswari lahir pada 24 Desember 1991. Dhayita menjabat sebagai Kapolsek di saat umurnya masih berusia 23 tahun. Hal ini membuat Dhayita menjadi Kapolsek termuda sepulau Jawa.

Dhayita menjabat sebagai Kapolsek di Mapolsek Candisari dan memimpin 30 personel anggota polisi. Saat itu, Dhayita telah memiliki tanggung jawab keamanan wilayah pada 7 kelurahan di Semarang.

Tanggung jawab serta amanah yang diterimanya tentu tidak mudah. Terlebih diketahui para anggotanya di Mapolsek Candisari rata-rata berusia jauh di atasnya.

Meski begitu, dia tetap berusaha bersikap sopan serta santun kepada para anggotanya. "Tetap menggunakan bahasa yang santun dan tegas terutama. Jadi apabila ada anggota saat melaksanakan tugas piket tidak datang tepat waktu, saya pun harus berani untuk menegur."

"Jadi di sini saya tetap menerapkan sistem saling menghargai dan bijaksana dalam mengambil keputusan dan tetap bersifat tegas," jelas Iptu Dhayita Daneswari.

Melansir dari akun YouTube Official NET News, Dhayita merupakan siswa lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 44 Wiratama Bhayangkara pada tahun 2012.

Sebelum menjadi Kapolsek, Dhayita pernah bertugas sebagai Panit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu di Mapolrestabes Semarang.

Setelah lulus dari Akpol, Daneswari lantas melanjutkan pendidikan satu tahun di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian di Jakarta. Setelah lulus, ia ditugaskan di kampung halamannya sebagai kepala unit di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang.

Ia kemudian digeser menjadi Panit Reskrim di Mapolsek Tembalang, Semarang, hingga pernah menjadi pengasuh polwan di Sekolah Polisi Negara di Purwokerto.

Sekian waktu bertugas di Mapolsek, ia dikembalikan ke Mapolrestabes Semarang untuk bekerja di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA).

Kurang lebih dua tahun menjabat sebagai Kapolsek Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada tahun 2017, Dhayita Daneswari dirotasi menjadi Kanit PPA Polrestabes Semarang. Dan kini ia telah berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).(red).
×
Berita Terbaru Update