-->

Notification

×

iklan

Iklan

Hari ini Gibran dan Bobby Nasution Dilantik Jadi Wali Kota

Jumat, 26 Februari 2021 | 07.44 WIB Last Updated 2021-02-26T01:10:30Z
Bobby Nasution dan Gibran.(fajar.id).
Medan(DN)
Hari ini, Jumat, 26 Februari 2021, kepala daerah pemenang Pilkada 2020 akan menjalani pelantikan. Mereka yang akan dilantik di antaranya Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo dan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan. Keduanya merupakan anak dan menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati ini akan dilakukan secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19. Agar tidak melanggar pasal 164 UU 10/2016 yang mengatur bahwa bupati dan wali kota dilantik di ibu kota provinsi, maka gubernur yang melantik akan tetap berada di ibu kota provinsi.

Sementara bupati dan wali kota di daerah masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan maksimal 25 orang di ruangan pelantikan.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik sebelumnya mengatakan pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2020 akan dilangsungkan secara serentak dan bertahap.

"Dilakukan bertahap karena adanya disparitas sebaran akhir masa jabatan 270 daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020," ujar Akmal, Kamis, 25/2 pada rapat Koordinasi (rakor) Pemantapan Pelaksanaan Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Hasil Pilkada Serentak 2020.

Akmal mengatakan untuk daerah yang masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi akan dilantik pada akhir Maret. Sementara yang masa jabatannya habis April akan dilantik akhir April. Begitupun yang masa jabatannya habis Mei dan Juni akan dilantik akhir Juni atau awal Juli.

Adapun kepala daerah yang masa jabatannya habis September dan Februari 2022, jadwal pelantikannya sedang dikomunikasikan agar tidak melanggar undang-undang yang menetapkan masa jabatan kepala daerah selama lima tahun.

Untuk Propinsi Sumatera Utara sendiri, ada 11 Kepala Daerah yang akan dilantik. Pelantikan Bupati/ Wakil Bupati, Walikota/ Wakil Walikota akan dilaksanakan di Aula T. Rizal Nurdin di Kompleks Rumah Dinas Gubsu Medan.

Hal itu dilakukan demi menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid- 19, dimana pelantikan itu dilaksanakan dalam dua sesi yakni sesi I dimulai pukul 08.00Wib untuk daerah Kabupaten/ Kodya Medan, Binjai, Asahan, Tanjung Balai, Humbang Hasundutan dan Serdang Bedagai.

Sementara untuk sesi II akan dilaksanakan pada pukul 14.00Wib untuk daerah Sibolga, Pakpak Barat, Labuhan Batu Utara (Labura), Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Toba.(red).
×
Berita Terbaru Update