-->

Notification

×

iklan

Iklan

Ketua Panwaslucam Pangururan: Jangan Takut Jalankan Tugas Pengawasan

Jumat, 04 Desember 2020 | 18.33 WIB Last Updated 2020-12-04T13:40:33Z
Rakernis yang digelar Panwaslucam Pangururan.
Samosir, DN | Bertempat di Hotel Marina Desa Situngkur Kecamatan Pangururan, Jumat (5/12/2020), Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) Pangururan menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020.

Rakernis tersebut diikuti 28 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se Kecamatan Pangururan, Kepala Sekretariat Panwaslucam Pangururan Ririn Andayani, Bendahara Panwaslucam Pangururan Martha Sihombing serta staf Sekretariat Panwaslucam Pangururan.

Pembahasan meliputi arahan umum dari pimpinan Bawaslu Samosir, bedah Alat Kerja Pengawasan (AKP), dan paparan regulasi-regulasi terkait dengan penanganan pelanggaran pada masa kampanye, pemungutan dan perhitungan suara.

Rakernis tersebut dibuka oleh Ketua Panwaslucam Pangururan Tetty Naibaho didampingi anggota Panwaslucam Ronal Sinurat dan Frandi Naibaho.

Dalam sambutannya Ketua Panwaslucam Pangururan Tetty Naibaho menekankan tentang pentingnya pengawasan mulai distribusi logistik, distribusi undangan pemilih sampai pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi.

Lebih lanjut Tetty menjelaskan bahwa kondisi pandemi COVID-19 juga telah membuat pelaksanaan pemilihan ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya.

"Oleh karena itu PKD dan PTPS juga punya kewajiban untuk mengawasi terlaksana atau tidaknya protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah dan KPU pada saat pemungutan dan penghitungan suara nantinya," ujar Tetty.

Selain itu, PKD juga diharapkan berkoordinasi dengan PPS di wilayah kerja masing-masing serta tetap melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap money politic.

Lebih lanjut Tetty mengatakan untuk sering-sering baca regulasi, berkonsultasi, berkoordinasi, untuk bekal pengawasan, selalu jaga kesehatan, attitude, terapkan protokol kesehatan, semangat, jangan takut menjalankan tugas sesuai dengan koridor aturan yang ada.

"Sebagai pengawas, kita mengutamakan pencegahan. Apapun yang Bapak Ibu lihat dilapangan, jangan lupa untuk menuangkan dalam laporan. Dan kita berharap Pilkada Samosir berlangsung aman dan damai," tuturnya.

Sementara itu, Anggota Panwaslucam Pangururan Ronal Sinurat berharap dengan adanya Rakernis tersebut PKD dapat mengetahui tugas-tugasnya pada saat pemilihan nanti serta bisa memberikan penguatan kepada PTPS di desa/kelurahan masing-masing.

Senada dengan itu, Anggota Panwaslucam Pangururan Frandy Naibaho menekankan  terkait dengan kerja-kerja pengawasan yang utuh.

“Form A atau laporan itu harus dibuat secara utuh. Jaga kesehatan, optimalkan pengawasan, jaga integritas jangan terpancing emosi. Kami meminta Bapk Ibu PKD juga menguatkan Bapak Ibu PTPS," sebut Frandy.

Dalam rakernis tersebut juga diadakan sesi diskusi terkait pengawasan dan pengalaman pengawasan dilapangan yang bertujuan untuk penguatan PKD bekerja dilapangan.(SBS).
×
Berita Terbaru Update