-->

Notification

×

iklan

Iklan

Kadisbudpar Propsu Puji Perjuangan Bupati Samosir Memajukan Pariwisata

Sabtu, 12 September 2020 | 00.47 WIB Last Updated 2020-09-11T17:48:38Z
Kadisbudpar Propsu Ria Telaumbanua bersama Bupati Samosir Rapidin Simbolon pengukuhan pengurus Pokdarwis Wisata Bagot Desa Parlondut.
Samosir(DN)
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Sumatera Utara Ria Telaumbanua memuji Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang senantiasa berjuang untuk memajukan pariwisata Samosir.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara pengukuhan Desa Wisata Bagot di Lumban Sitanggang Desa Parlondut Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat, 11 September 2020.

Pada kesempatan itu, mantan Dirut RSUD Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar ini menceritakan bagaimana perjuangan Bupati Samosir Rapidin Simbolon untuk mengupayakan agar Samosir menjadi tuan rumah pada General Assembly Tourism Promotion Organization (TPO) Asia-Pacific tahun 2021.

“Saya jadi saksi bagaimana kerasnya upaya Pak Bupati di Korea Selatan tahun lalu agar Samosir jadi tuan rumah TPO 2021. Dan, upaya tersebut berhasil," ungkap Ria.

Tahun depan, sebanyak 26 negara anggota TPO Asia-Pacific akan menggelar pertemuan di Medan, dan selanjutnya mereka akan lanjut ke Samosir. "Ini salah satu dari sekian banyak bentuk keseriusan Pak Bupati dalam memajukan kepariwisataan Kabupaten Samosir ini,” ujar Ria disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.
Bupati Samosir dan Kadisbudpar Propsu diulosi masyarakat Lumban Sitanggang Desa Parlondut.
Pada acara tersebut, Kadisbudpar juga sangat mengapresiasi pembentukan Pokdarwis Desa Wisata Bagot. Apalagi, dia melihat lokasi tersebut sangat bersih, sejuk, alami serta memiliki spot untuk memandang Danau Toba dan Gunung Pusuk Buhit yang menjulang kokoh menantang langit.

Ria Telaumbanua berpesan kepada pengurus Pokdarwis Desa Wisata Bagot agar tetap mengedepankan kebersihan, selalu menjaga kesehatan, dan menekankan agar selalu memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

“Saya sangat apresiasi Samosir ini karena menjadi satu-satunya kabupaten di Sumatera Utara yang masih zona hijau. Pak Bupati memang luar biasa bisa menjaga Samosir tetap sehat. Karenanya, masyarakat Lumban Sitanggang Desa Parlondut ini juga harus mampu bekerja sama untuk tetap menjaga Samosir tetap sehat dan aman,” ujar Ria Telaumbanua.

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam mengembangkan kepariwisataan juga ditunjukkan dengan dikukuhkannya pengurus Pokdarwis Wisata Bagot Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan. Dengan harapan ke depan pokdarwis ini bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan pun optimis bahwa Desa Wisata Bagot ini berpotensi meningkatkan perekonomian warga.

Apalagi, selain menyajikan bagot berupa minuman dan olahan turunan lainnya, di Desa Parlondut juga ada pantai yang diharapkan ke depan dapat dikelola, dimana lokasi ini juga dekat dengan Tano Ponggol yang sedang dalam tahap pembangunan yang terkoneksi ke Aek Rangat Pangururan.

“Jadi ini merupakan segitiga emas. Desa Parlondut-Tano Ponggol-Aek Rangat. Ini akan sangat berpotensi. Setelah dari Aek Rangat, wisatawan akan mandi di pantai, kemudian akan minum bagot di sini. Kita yakin, lokasi ini sangat berpotensi,” ujarnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update