-->

Notification

×

iklan

Iklan

Bupati Samosir Apresiasi Petani Masih Tetap Produktif Di Masa Pandemi

Kamis, 03 September 2020 | 14.29 WIB Last Updated 2020-09-06T04:12:34Z
Pertanian binaan KSKS. 
Samosir(DN)
Setelah sukses dengan panen perdana dan ekspor 16 ton hasil pertanian sayur mayur hasil kolaborasi para kelompok tani yang tergabung dalam Koperasi Samosir Kasih Sinergi (KSKS), di bulan September ini akan kembali panen dalam jumlah yang lebih besar.

Diperkirakan hasil panen kali ini akan lebih memuaskan dengan memberangkatkan 4 kontainer untuk kembali di ekspor ke luar negeri.

Dikatakan Ketua Koperasi Samosir Kasih Sinergi, Manatar Rumapea bahwa seluruh hasil pertanian ini merupakan hasil pendampingan kepada Kelompok Tani maupun yang bukan kelompok tani di Kabupaten Samosir, yang saat ini sudah mencakup 7 kecamatan dengan total luas lahan hampir 300 hektar.

Mangatar berharap kedepannya semakin banyak petani yang terlibat dan dalam setiap minggu ada sekitar 5-10 hektar lahan tani yang panen.

“Kedepannya kita akan terus mengedukasi dan membina masyarakat untuk mengembangkan pertanian organik, dan memang permintaan untuk sayur mayur yang organik jelas lebih tinggi khususnya di negara-negara maju," kata Manatar, Sabtu, 5 September 2020.

Rumapea juga menyampaikan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk mengurus ijin organik dan pelatihan dalam bidang pertanian.

Atas hal ini, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon sangat mengapresiasi semangat dan kolaborasi antara kelompok tani dan Koperasi Samosir Kasih Sinergi, karena ditengah-tengah pandemi dan masa sulit ini masih tetap produktif dan intensif dalam meningkatkan kualitas hasil pertanian.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Samosir akan terus mendukung dan memfasilitasi kelompok tani dan koperasi melalui alat-alat berat, sehingga petani bisa semakin cepat pengolahannya dan semakin sejahtera.

Dan ini juga kata Rapidin, dalam upaya mewujudkan Visi Pemkab Samosir yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing berbasis Pariwisata dan Pertanian.

"Mudah-mudahan di hari yang akan datang bisa kita berangkatkan lebih banyak lagi. Kita harapkan dengan berhasilnya ekspor perdana beberapa waktu lalu menjadi pemacu kita untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya sayur mayur dan pengolahan lahan-lahan tidur di Samosir ini akan semakin luas dan cepat," pungkas Bupati Samosir.(SBS).
×
Berita Terbaru Update