-->

Notification

×

iklan

Iklan

Satgas Samosir Sambut Baik Rencana Swab Test Massal

Kamis, 27 Agustus 2020 | 12.18 WIB Last Updated 2020-08-27T11:05:45Z
Rapid test massal.(Radar Surabaya).
Samosir(DN)
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir menyambut gembira rencana pelaksanaan Swab Test Massal di kabupaten/kota Sumatera Utara.

Menurut juru bicara Satgas Covid-19 Samosir, Rohani Bakkara, upaya ini merupakan penanganan pandemi Covid-19 yang membutuhkan kolaborasi dan kerja sama lintas program/sektor dalam hal pelaksanaan antisipasi dan penanganan dampak penularan Covid-19.

"Pelaksanaan Swab Test Massal ini setidaknya akan memberikan gambaran peta persebaran penularan Covid-19 sekaligus melakukan mempersiapkan mitigasi pengendalian persebaran dan tindakan-tindakan medis lainnya," kata Rohani Bakkara, Rabu, 26/8.

Saat ini, lanjut Kadis Kominfo itu, Samosir telah membuka pintu masuk bagi pelaku perjalanan secara nasional. Secara umum, perlu mewaspadai asymtompmatic suspect (suspek tanpa gejala) yang tanpa sadar telah menjadi carrier (pembawa) untuk melakukan transmisi lokal.

Tentu saja, hal ini tidak kita harapkan; oleh karena itu, Swab Test Massal ini akan memberi kita keyakinan secara masif tentang rekam medis pribadi terkait Covid-19 untuk ditindaklanjuti dalam kewaspadaan yang terus menerus. 

Namun demikian, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengimbau seluruh masyarakat agar menyiapkan diri atas hasil-hasil dari Swab Test Massal tersebut terutama jika ditemukan hasil-hasil yang tidak diinginkan.

"Ini dimaksudkan untuk mencegah fobia sosial atau social anxiety disorder yang merupakan salah satu jenis fobia yang ditandai dengan rasa cemas atau takut berlebihan saat berinteraksi dengan orang-orang di sekitar," ujarnya.

Jika tidak segera ditangani, fobia sosial bisa berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup penderitanya.

Satgas Penanganan Covid-19 Samosir beserta seluruh multihelix akan berkordinasi untuk mensiasati proses dan hasil-hasil Swab Test Massal ini.

"Kita berharap Swab Test Massal ini dapat berjalan dengan baik dan masyarakat secara keseluruhan dapat mempersiapkan diri untuk kemungkinan-kemungkinan hasil yang akan terungkap melalui uji tersebut," pungkas Rohani.(SBS).
×
Berita Terbaru Update