-->

Notification

×

iklan

Iklan

Bawaslu Samosir Gelar Rapat Koordinasi Dengan Gakkumdu

Senin, 03 Agustus 2020 | 17.02 WIB Last Updated 2020-08-03T10:44:02Z
Bawaslu Samosir saat menggelar rapat koordinasi dengan Gakkumdu.
Samosir(DN)
Bertempat di Saulina Resort, Bawaslu Kabupaten Samosir bersama dengan Kepolisan dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Samosir menggelar Rapat Koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (GAKKUMDU) Untuk Pelaksanaan Pilkada 2020, Senin, 3 Agustus 2020.

Rapat yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut guna membahas kesiapan personil  Gakkumdu baik secara mental maupun secara teknis dalam menangani dugaan pelanggaran pada pelaksanaan Pilkada 2020.

AKP Suhartono, SH selaku Kasat Reskrim Kepolisian Resort Samosir yang juga personil Gakkumdu dari unsur kepolisian, memaparkan tugas-tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk Pengamanan Pilkada sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Berangkat dari dasar hukum tersebut, ia mengingatkan agar seluruh personil Sentra Gakkumdu untuk bersikap hati-hati, berprinsip merah putih dan tidak memihak, dalam melaksanakan tugas. Terlebih SDM personil Gakkumdu dari Bawaslu Kabupaten Samosir sendiri.

"Mengingat Bawaslu Kabupaten Samosir merupakan pintu pertama penerima laporan," tuturnya.

Kasi Pidum Kejari Samosir, Kenan selaku Personil Gakkumdu dari unsur Kejaksaan memaparkan Peraturan Bersama Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Beliau menekankan setiap laporan yang terima harus disertai oleh bukti-bukti oleh pelapor.

Menambah paparan Kasi Pidum Kejari Samosir, Chrispo Mual Natio Simanjuntak, SH selaku Jaksa Fungsional Kejari Samosir yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu mengajak agar seluruh personil lebih meningkatkan koordinasi mengingat waktu tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Samosir sudah semakin sempit.

Robintang Naibaho selaku Koordinator Divisi  HPPS Bawaslu Kabupaten Samosir bersama dengan Anggiat Sinaga, Ketua sekaligus Koordinator Divisi OSDM Bawaslu Kabupaten Samosir menjelaskan secara teknis fasilitas Sentra Gakkumdu sudah disiapkan.

"Termasuk ruang sidang, ruang pemeriksaan, ATK serta pengajuan mobil operasional sebanyak 1 dimana pendanaannya bersumber dari NPHD," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update