-->

Notification

×

iklan

Iklan

Kadisdik Samosir: Kalau Sudah Penerima Bidikmisi, Tidak Boleh Dapat Beasiswa Lainnya

Selasa, 21 Juli 2020 | 08.30 WIB Last Updated 2020-07-21T10:53:14Z
Bidikmisi.(Harnas.co).
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten Samosir angkat bicara terkait viralnya video seorang mahasiswa IPB asal Samosir, Roma UT Sitanggang, yang merasa kecewa karena janji Bupati Rapidin Simbolon kepada setiap siswa SMA kelas III yang berhasil lolos ke salah satu universitas top di Indonesia-ITB), akan diberikan beasiswa dari APBD Samosir, namun janji itu tidak dipenuhinya.

"Saya kecewa, karena apa yang dijanjikan itu tidak ditepati, dengan alasan kami sudah mendapatkan Bidikmisi, yang notabene Bidikmisi adalah untuk keluaga tidak mampu," ujarnya, Minggu, 19 Juli 2020.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menegaskan mahasiswa penerima bantuan beasiswa Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi) tidak dibolehkan menerima bantuan beasiswa dari manapun.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, Rikardo Hutajulu, Senin (20/7/2020). "Jika Pemkab Samosir memberikan beasiswa dari APBD Samosir, penerima beasiswa Bidikmisi akan diberhentikan," ujar Rikardo.

Dalam pedoman penyelenggaraan Bidikmisi, mahasiswa Bidikmisi tidak diperbolehkan mengajukan dan mendapatkan beasiswa lainnya.

Itu dikarenakan program bantuan pendidikan Bidikmisi dinilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan si mahasiswa dan agar beasiswa lain bisa diperoleh oleh mahasiswa lain yang belum mendapatkan beasiswa.

Tentu tujuannya adalah untuk menghindari perilaku hedonis karena dengan mendapatkan lebih dari 1 beasiswa dikhawatirkan akan digunakan untuk hal-hal diluar kebutuhan perkuliahan.

"Itu alasan Pemkab Samosir tidak memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang telah menerima bantuan pendidikan," tegas Kadisdik.

Sebelumnya, pada acara sosialisasi Balon Bupati Samosir Vandiko T Gultom-Martua Sitanggang, Roma UT Sitanggang mengapresiasi program kerja balon tersebut yang akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi sampai jenjang S3.

Dan pada kesempatan ini, ia mengungkapkan kekecewaannya kepada Bupati Samosir, Rapidin Simbolon yang ingkar janji terkait beasiswa terhadap mahasiswa berprestasi.(SBS).
×
Berita Terbaru Update