-->

Notification

×

iklan

Iklan

Sampaikan Pandangan Fraksi PDIP, Renaldi Naibaho Apresiasi Capaian Pemkab Samosir

Sabtu, 20 Juni 2020 | 13.01 WIB Last Updated 2020-06-20T07:02:58Z
Ketua Fraksi PDIP, Renaldi Naibaho saat menyampaikan pandangan umum fraksi.
Samosir(DN)
Sebanyak 5 Fraksi di DPRD Samosir menyampaikan pandangan umum terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Samosir Tahun Anggaran 2019. Paripurna tersebut digelar di ruang rapat dewan setempat, perkantoran Parbaba, Pangururan, Jumat, 19 Juni 2020.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba ST bersama Wakil Ketua, Nasip Simbolon. Dan dihadiri Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon MM, Forkopimda, Sekda, pimpinan OPD, LSM/Pers dan undangan lainnya.

Fraksi-fraksi DPRD Samosir dalam pandangan umumnya menyampaikan berbagai masukan, saran maupun kritik kepada Bupati Samosir.

Diantaranya disampaikan oleh Renaldi Naibaho selaku Ketua Fraksi PDIP. Mengawali pidatonya, Renaldi Naibaho menilai dari sisi hasil atau kinerja yang dicapai pada tahun 2019, sesuai dengan nota pengantar Bupati pada saat Penyampaian LKPj, telah banyak capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Samosir.

Menurutnya, kinerja ini dibuktikan dengan raihan sejumlah piagam penghargaan atas pengakuan dari pihak pemerintah atasan sebagai indikator tingkat keberhasilan dan 
kemajuan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan 
kemasyarakat di Kabupaten Samosir.

"Untuk itu Fraksi PDI Perjuangan 
menyampaikan apresiasi atas prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh Pemerintah 
Daerah Kabupaten Samosir selama ini, walaupun di sisi lain masih diiringi keterbatasan seperti sumber pendanaan dan sumber daya manusia yang belum memadai sesuai dengan tuntutan ideal penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat," ungkap Putra Kelahiran Tanjung Bunga itu.

Sedangkan dari sisi pencapaian yang belum optimal, lanjut Renaldi, Fraksi PDIP memaknai pembahasan LKPj merupakan momentum bagi DPRD selaku unsur penyelenggaran 
pemerintahan daerah untuk melaksanakan fungsi pengawasan secara bermartabat 
dan proporsional, serta diberikan amanah untuk melakukan fungsi tersebut.
Rapat paripurna DPRD Samosir dalam rangka LKPj Bupati Samosir TA 2019.
Untuk itu, Fraksi PDI Perjuangan memandang bahwa LKPJ bupati menjadi sangat penting mendapatkan perhatian, supaya dalam menjalankan tugas pemerintahan 
menjadi lebih terkontrol.

Dan DPRD sebagai pemangku tugas pengawasan harus dan wajib mencermati hasil pelaksanaan Pemerintahan dengan maksud kedepan kelebihan-kelebihan yang telah dicapai untuk tetap dipertahankan, sementara yang kurang sempurna dapat diperbaiki guna mencapai hasil yang optimal dikemudian hari.

Menutup pandangan umum Fraksi PDIP, Renaldi Naibaho menyampaikan umpasa Batak yang bermakna, yang tertinggal diulang kembali dan yang rusak diperbaiki. "Pauk-pauk hudali, pago-pago taruli. Na tading taulahi, na sega tapauli," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon, MM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Samosir yang dalam masa Pandemi Covid-19 dan memasuki tahapan normal baru ini dapat menyelesaikan seluruh rangkaian pembahasan LKPJ dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Rapidin mengatakan bahwa segala saran dan masukan yang disampaikan DPRD Samosir adalah pemikiran dan ide yang bersifat konstruktif dan berharga dalam upaya bersama untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat menuju Kabupaten Samosir yang lebih baik dan sejahtera.

Lebih lanjut Bupati Samosir sangat mengapresiasi dan menghargai seluruh rekomendasi oleh DPRD Samosir yang kemudian akan menjadi bahan penyusunan perencanaan dan anggaran pada tahun berjalan dan tahun berikutnya serta dasar penyusunan strategis. 

"Dengan hati yang tulus dan ikhlas, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan  kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir, dan semua pihak yang telah memberi dukungan terhadap pelaksanan pembangunan pada tahun 2019 yang lalu," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update