-->

Notification

×

iklan

Iklan

Pandemi Covid-19, Pemkab Samosir Beri Bantuan Pupuk Dan Bibit Sayur Di Desa Tanjung Bunga

Selasa, 09 Juni 2020 | 14.07 WIB Last Updated 2020-06-09T07:28:41Z
Ketua PKK Kabupaten Samosir, Sorta Ertati Siahaan melalui Ny Ricky Rumapea (Bagum), Peronika Sitanggang menyerahkan bantuan pupuk dan bibit sayuran kepada warga Tanjung Bunga.
Samosir(DN)
Ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Samosir dibawah kepemimpinan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga terus berjuang mengatasi dampak ekonomi yang melanda masyarakat.

Selain menyalurkan bantuan sembako, BST Kemensos, BLT Dana Desa dan APBD serta Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Provsu, Pemerintah Kabupaten Samosir juga melakukan gebrakan dengan memberikan bibit sayuran dan sarana produksi bagi masyarakat.

Tak tanggung-tanggung, dalam laporan Kadis Ketahanan Pangan Samosir, Rawati Simbolon saat melaunching pada Selasa 2 Juni lalu di Aula Kantor Kepala Desa Hutanamora, bantuan ini akan diserahkan kepada 6.000 KK yang mencakup 9 kecamatan, 128 desa, 6 kelurahan.

Di Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan misalnya, pada hari ini Selasa, 9 Juni 2020, telah diserahkan bantuan berupa: kompos, pupuk NPK, pupuk urea, polybag, bibit sayuran sawi manis, bibit sayuran bayam, dan bibit sayuran kangkung.

"Bantuan bibit sayuran yang kita terima sebanyak 42 karung yang kita salurkan di tiga dusun, masing-masing dusun mendapatkan 14 karung," ungkap Kepdes Tanjung Bunga, Lasper Bartolomeus Sitanggang saat penyerahan bantuan tersebut di kantor desa setempat.
Kepdes Tanjung Bunga, Lasper Bartolomeus Sitanggang menyerahkan bantuan pupuk dari pemkab Samosir kepada warganya.
Atas bantuan tersebut, Lasper menyampaikan terima kasih atas program pemberian bibit sayuran dan sarana produksi. Dia juga mengajak seluruh masyarakat Desa Tanjung Bunga untuk mendukung program Pemkab Samosir ini agar berhasil guna.

"Mari kita bekerja keras agar hidup kita lebih baik dan maju dengan melakukan program-program Pemkab Samosir untuk mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.

Dalam penyerahan ini turut hadir ketua PKK Kabupaten Samosir yang mewakili, PKK Kecamatan Pangururan, PKK Desa Tanjung Bunga, pegawai Bappeda, Nakerkoperindag, dan Ketapang.

Dalam sambutannya, Ketua PKK Kabupaten Samosir, Sorta Ertati Siahaan melalui Ny Ricky Rumapea (Bagum), Peronika Sitanggang menyampaikan atas instruksi Ketua PKK Kabupaten Samosir, semua anggota PKK turut memantau penyaluran dan memonitor perkembangan bantuan ini.

"Kami memohon maaf ibu bupati yang sekaligus ketua PKK Kabupaten Samosir tidak bisa hadir bersama kita. Beliau menitipkan salam kepada kita agar senantiasa sehat dan terhindar dari Covid-19," ungkap Peronika Sitanggang.

Ditambahkan, tujuan pemberian bantuan bibit ini agar masyarakat mempunyai sumber pangan yang berkelanjutan. Ia berharap masyarakat bisa menggarap sektor pertanian dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong yang dimiliki.

"Lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan bisa digunakan untuk ketahanan dan ketersedian pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Sehingga kemampuan dan kekuatan pangan masih tercukupi di saat pandemi Covid-19," tuturnya.

Menurut dia, sektor pertanian memiliki potensi besar untuk menjaga ketahanan pangan. "Adanya wabah saat ini, potensi pertanian justru harus semakin ditingkatkan. Mari manfaatkan bantuan Pemkab Samosir dengan baik sehingga berhasil yang nantinya akan dinikmati masyarakat sendiri hasilnya," pungkas istri Ricky Rumapea itu.(SBS).
×
Berita Terbaru Update