-->

Notification

×

iklan

Iklan

Diskusi Dengan Pers, "Marguna" Akan Memperbaiki Dasar Pembangunan Samosir

Selasa, 09 Juni 2020 | 16.30 WIB Last Updated 2020-06-09T11:31:40Z
Bacawabup Samosir, Ir Guntur Sinaga MM saat menyampaikan paparan konsep pembangunan pasangan "Marguna" 5 tahun ke depan bila terpilih.
Samosir(DN)
Pasangan Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati Samosir dari jalur independen, Laksma TNI (Purn) Marhuale Simbolon S.Pi- Ir. Guntur Sinaga MM atau familiar dipanggil "Marguna" temu ramah dan berdiskusi dengan berbagai wartawan yang bertugas di Kabupaten Samosir, Selasa, 9 Juni 2020 di AE Manihuruk, Lumban Suhi-suhi, Kecamatan Pangururan.

Pertemuan yang dikemas sederhana tersebut diwarnai sesi diskusi berbagai hal untuk kemajuan Kabupaten Samosir. Termasuk perlunya terbina komunikasi konstruktif dengan awak media sehingga nantinya bisa menjadi mitra pemerintah yang baik dan bijak dalam meningkatkan pembangunan daerah serta upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Samosir.

Mengawali paparannya, Marhuale Simbolon menyampaikan bahwa seorang calon pemimpin (termasuk bupati) harus terlebih dahulu mengerti dan memahami tujuan dibentuknya pemerintahan agar tetap konsekuen dan konsisten dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin.

"Sangat keliru benar jika seseorang ingin menjadi pemimpin di Samosir hanya bermodalkan uang untuk membagi sembako atau membeli suara dalam pilkada tanpa memahami apa tujuan pemerintah. Apa jadinya Samosir ke depan?," tanya Marhuale Simbolon.
Pasangan Marguna berdiskusi dengan wartawan Kabupaten Samosir.
Dia juga menyampaikan bahwa pembangunan di Samosir saat ini belumlah merata. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh kesalahan meletakkan pondasi pembangunan Kabupaten Samosir 15 tahun lalu sejak dimekarkan dari Kabupaten Toba sehingga terjadi ketimpangan.

Ketimpangan ini sangat terlihat nyata di masyarakat, terutama di sektor pertanian dimana kurang lebih 85 % masyarakat Samosir hidup dari bertani sampai ini kebanyakan mereka belum bisa hidup sejahtera dari hasil pertaniannya.

Menurut Pensiunan Jenderal TNI AL ini, model pembangunan yang ada saat ini pada posisi yang tidak relavan dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Sehingga inilah alasan dirinya yang berpasangan dengan Guntur Sinaga menjadi pemimpin/parhobas Kabupaten Samosir 5 tahun ke depan.

"Jika terpilih pada Pilkada Samosir, tugas pertama kami adalah meletakkan kembali dasar-dasar pembangunan dengan mengubah blueprint pembangunan dari berbasis pariwisata dan pertanian menjadi pertanian dan pariwisata," ungkap Marhuale Simbolon.

Dijelaskan, dengan membenahi terlebih dahulu sektor pertanian, maka ekonomi petani pun akan meningkat yang tentu berimbas juga terhadap sektor lainnya.

Untuk mewujudkan ini, menurutnya, perlu sinergitas semua pihak dan landing sektor serta awak media. Sehingga ia mengajak wartawan turut bersinergi dalam setiap proses pembangunan Kabupaten Samosir.

Ditambahkan Suami Rospita Silalahi ini, wartawan adalah salah satu pilar penting dalam pembangunan dan demokrasi. Dirinya mengajak wartawan agar turut bersinergi membangun Kabupaten Samosir.
Pasangan Marguna berphoto bersama dengan para wartawan.
"Saya minta dukungan kawan-kawan wartawan untuk berperanserta mencerdaskan masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Samosir 5 tahun ke depan bersama pemda sebagai tanggung jawab moral kepada negara dan bangsa Indonesia," pungkasnya.

Selain itu, dalam paparannya, Bacawabup Samosir, Guntur Sinaga juga mengutarakan sejumlah program yang tertuang dalam visi misi Marguna yakni, mensejahterakan masyarakat yang berbasiskan ekonomi pertanian dan pariwisata.

Dikatakan Guntur Sinaga, kebutuhan daerah dalam urusan percepatan dan peningkatan pemajuan masyarakat membutuhkan kerja-kerja cerdas setiap pemimpin untuk masyarakat.

Kabupaten Samosir misalnya, kata dia, dalam skala pembangunan perubahan masa depan membutuhkan pemimpin yang mempunyai keseriusan untuk menggerakan sendi-sendi kehidupan rakyat kecil di daerah.

"Pemimpin harus melayani, turun ke masyarakat menampung aspirasi dan melihat langsung kendala serta permintaan masyarakat. Contohnya jika masyarakat ingin pupuk jangan kita kasih bibit supaya tujuannya tercapai," imbuh Bacawabup, Guntur Sinaga.

Sehingga 5 tahun ke depan bila terpilih, pasangan Marguna akan melahirkan ide-ide cerdas yang mampu menciptakan solusi bagi masalah yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan nyata agar mampu meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik.

Dia mencontohkan, para petani akan dicerdaskan sehingga bisa mengolah pertaniannya dengan hasil yang maksimal. Demikian juga masyarakat dengan profesi yang berbeda, yakni pedagang, transportasi, pariwisata, dan lain sebagainya.

Begitu juga dalam pemerintahan, sambungnya, Marguna akan tempatkan orang-orang yang benar mampu dan menguasai bidangnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update