-->

Notification

×

iklan

Iklan

Antisipasi Corona, Desa Tanjung Bunga Lakukan Pengawasan Di Pintu Masuk

Selasa, 07 April 2020 | 19.01 WIB Last Updated 2020-04-07T13:47:47Z
Perangkat Desa bersama Karang Taruna serta relawan lakukan penjagaan di pos.
Samosir (DN)
Meski dengan peralatan seadanya, pencegahan dini di pintu masuk Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir semakin diperketat dan diintensifkan sejalan dengan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

"Untuk mencegah penyebaran COVID-19, beberapa hari terakhir ini aparat desa, karang taruna bersama relawan sudah melakukan penjagaan ketat di pos penjagaan yang kita bangun," kata Kepala Desa Tanjung Bunga, Lasper Bartolomeus Sitanggang, Selasa, 7/4 di kantornya.

Disebutkan, saat ini penjagaan atau posko dilakukan di perbatasan langsung dengan Desa Boho, Kecamatan Sianjur Mulamula.

Lasper menjelaskan, relawan dalam melakukan pemeriksaan terhadap warga Desa Tanjung Bunga yang datang dari rantau maupun masyarakat yang tujuannya ke desa itu masih memakai alat yang sangat terbatas.

Setiap warga dari luar kota masuk ke Desa Tanjung Bunga, terlebih dahulu diperiksa di pos penjagaan dengan menyemprotkan disinfektan dan barang bawaannya. Serta menyuruh cuci tangan, mandi dan ganti pakaian sebelum bertemu keluarga.

"Intinya kita berupaya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 walaupun dengan alat seadanya," ungkap Lasper.
Kepala Desa Tanjung Bunga, Lasper Sitanggang berbincang-bincang dengan Anggota DPRD Samosir, Renaldi Naibaho.
Menjelang hari raya Paskah yang sebentar lagi, dirinya juga meminta warganya yang tinggal di bona pasogit maupun di perantauan agar kiranya menunda rencana bepergian ke luar kota maupun pulang kampung ke Tanjung Bunga.

"Mungkin di perantauan kita sehat, namun diperjalanan menuju pulang jadi terkena dan tertular di kampung kita. Untuk itu, mari kita bersatu memutus mata rantai virus ini dengan menunda rencana pulang kampung pada Hari Raya Paskah ini," pintanya.

Pada kesempatan ini, Lasper juga meminta bantuan tim gugus penjagaan di pintu masuk ke Kabupaten Samosir yang di Menara Pandang Tele agar senantiasa update data perhari warga yang tujuannya ke Desa Tanjung Bunga.

Sehingga dengan begitu, relawan yang berada di Tanjung Bunga bisa melakukan antisipasi penyebaran virus Covid-19 lanjutan di pos penjagaan di desa tersebut.

"Kadang ada warga kita yang datang tengah malam dari rantau dan luput dari pantauan kita. Sehingga dia langsung berinteraksi dengan keluarganya sebelum terlebih dahulu kita cek," sebut Kepdes Tanjung Bunga.

Selain memperketat pengawasan, sebelumnya dengan bergerak secara maraton, Pemerintah Desa Tanjung Bunga bersama anggota DPRD Samosir, Renaldi Naibaho menyemprotkan disinfektan, dan menyediakan tempat cuci tangan di setiap kedai dan gang.

Juga secara door to door, Ketua Fraksi PDIP itu bersama Kepala Desa Tanjung Bunga, Lasper Bartolomeus Sitanggang serta aparat desa membagikan seribuan masker kepada warganya.

“Mari sama-sama kita berantas virus Corona ini karena dengan bersama-sama kita pasti bisa,” ajaknya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update