-->

Notification

×

iklan

Iklan

Bertekad Meraih WTP, Bupati Langkat Instruksikan 4 Poin Kepada SKPD

Rabu, 05 Februari 2020 | 09.43 WIB Last Updated 2020-02-05T02:43:43Z
Asisten III Kabupaten Langkat saat memimpin apel gabungan.
Langkat(DN)
Pemerintah Kabupaten Langkat bertekad meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2019 dari BPK RI.

Hal itu ditegaskan Bupati Langkat melalui Asisten III Umum, Musti SE, MSi saat memimpin apel gabungan ASN di jajaran Pemkab Langkat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (3/2/2020).

Untuk itu, terang Musti, pihaknya mengintruksikan 4 poin kepada seluruh pimpinan SKPD, sebagai keseriusan untuk meraih predikat WTP ditahun ini.

Pertama, dalam penyusunan LKPD harus sesuai standart akuntansi pemerintahan dengan berpedoman kepada peraturan pemerintah No 71 tahun 2010 dan Pemendagri No 64 tahun 2013.

Kedua, melakukan pengelolaan dan penatausahaan aset secara tertib, sehingga nilai yang disajikan dalam neraca merupakan nilai yang valid.

Ketiga, BPKAD segera menetapkan batas akhir peyampaian LKPD, sehingga dapat memberikan waktu yang cukup bagi inspektorat untuk melakukan review.

“Terakhir, kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan agar segera menyelasaikan penginputan data JKN dan Dana Bos ke dalam aplikasi SIMDA,” katanya.

Hal ini harus dilakukan, sebut Musti, sebab kwalitas penyajian LKPD Pemkab Langkat tahun 2019 sangat tergantung dari laporan keuangan yang disampaikan oleh setiap perangkat daerah.

Diakuinya, LKPD Langkat tahun 2018 masih memperoleh predikat Wajar Dengan Pengeculian (WDP) akibat penyajiannya masih belum sepenuhnya dapat diyakini kewajarannya yang disebabkan oleh beberapa faktor.

“Antara lain belum tertatanya barang  milik daerah secara tertib, adanya kelemahan  dalam sistem pengendalian intern, serta pelaksanaan pengadaan barang dan jasa  belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Musti SE, MSi.(Red/Pol).
×
Berita Terbaru Update