-->

Notification

×

iklan

Iklan

Jemput Bola saat 'Onan' Tradisional, Disdukcapil Samosir Dekatkan Pelayanan Adminduk ke Masyarakat

Kamis, 30 Mei 2024 | 13.43 WIB Last Updated 2024-05-30T06:47:04Z
Pelayanan Adminduk yang digelar Dinas Dukcapil Samosir hari ini, Kamis, 30/5, di Kecamatan Simanindo.
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten Samosir senantiasa terus berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya meningkatkan mutu pelayanan kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat, khususnya desa-desa yang sangat jauh dari ibukota kabupaten.

Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Samosir, Bupati Vandiko Timotius Gultom ST memudahkan pelayanan Adminduk dengan melakukan jemput bola ke sejumlah kecamatan, saat berlangsung Onan (pekan) tradisional di wilayah tersebut.

Pelayanan administrasi kependudukan seperti pengurusan KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan sebagainya, ini bisa dirasakan masyarakat Nainggolan setiap minggunya saat hari onan tradisional, hari Senin di kantor Camat Nainggolan.

Selanjutnya, masyarakat Kecamatan Palipi, mendapatkan layanan Adminduk pada hari Selasa, saat Onan tradisional Mogang. Dan pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Simanindo, pada hari Kamis, saat onan tradisional Ambarita.

Kepala Dinas Dukcapil Samosir, Resmin Situmorang SE MM membenarkan upaya pihaknya untuk melakukan pelayanan jemput bola pada tahun 2024 ini, sudah dimulai dari awal bulan Mei tepatnya 13 Mei 2024 di Kantor Camat Nainggolan.
Dinas Dukcapil Samosir jemput bola pelayanan keliling di pasar tradisional.
"Meskipun titik pelayanan dipusatkan di Kantor Camat, dengan pelayanan bertepatan dengan hari onan tradisional, warga dari berbagai desa di Kecamatan tersebut bisa memanfaatkan pelayanan administrasi kependudukan yang digelar Dinas Dukcapil Samosir," ungkap Kadis Dukcapil Samosir, Resmin Situmorang SE, MM, Kamis 30 Mei 2024.

Menurutnya, Dukcapil Samosir akan terus melakukan pelayanan keliling untuk meningkatkan kualitas layanan Adminduk kepada seluruh masyarakat Kabupaten Samosir, selain tetap melakukan pelayanan reguler di kantor Disdukcapil.

Resmin juga menambahkan, bahwa upaya Dinas Dukcapil Samosir melakukan layanan jemput bola merupakan bagian dari semangat pelayanan yang selalu diingatkan oleh Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom ST, agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama, bukan hanya di sekitar kota tapi juga kampung-kampung yang jauh dari pusat pemerintahan daerah.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom ST menambahkan, dokumen kependudukan merupakan dasar dari semua pelayanan publik, apapun urusannya pasti didasari oleh dokumen kependudukan misalnya kartu keluarga (KK), KTP-el, Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, Akta Kematian dan dokumen lainnya.

"Melalui pelayanan keliling yang dilakukan Dukcapil ini, kami berharap dapat membantu dan memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya yang berdomisili di daerah terpencil jauh dari ibukota kabupaten," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update