-->

Notification

×

iklan

Iklan

KMP Juga Tamba Berlayar Perdana di Danau Toba

Jumat, 19 April 2024 | 03.01 WIB Last Updated 2024-04-20T06:03:00Z
KMP Julaga Tamba 01 berlayar perdana di Danau Toba.
Samosir(DN)
KMP Julaga Tamba 01 (JT 01) melakukan  pelayaran perdana sekaligus uji sandar dari Pelabuhan Simanindo menuju Tigaras sampai ke Water Front Pangururan, 18/04.

KMP Julaga Tamba 01 akan melayani penyeberangan dari Simanindo-Tigaras, dan akan segera beroperasi di perairan Danau Toba. KMP JT 01 dengan GT 235 sendiri, dapat mengangkut 16-20 kendaraan roda empat tergantung kelas dan golongan kendaraan.

Pengusaha KMP JT 01 Jonatan Tamba mengatakan, melihat perkembangan Kabupaten Samosir terutama dalam kepariwisataan, memotivasi dirinya kembali ke tanah kelahiran Samosir, untuk mencoba membuat dan membantu dalam pelayanan masyarakat dengan mempermudah transportasi.

"Kami ingin menciptakan suatu ikon, membantu khususnya Pemkab Samosir dalam pelayanan bagi masyarakat dan wisatawan," kata Jonatan.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom yang turut pelayaran perdana ini, mengapresiasi dan mengucap syukur atas kehadiran kapal JT 01, dimana kapal tersebut akan semakin memudahkan akses masuk dan keluar dari Kabupaten Samosir.

"Kita mengapresiasi pengusaha kapal dari Samosir yang telah menghadirkan KMP Julaga Tamba 01, kapal ini menjadi salah satu opsi meningkatkan konektivitas keluar masuk dan menambah banyak pilihan bagi masyarakat dan wisatawan. Suatu kebanggaan putra daerah yang sudah sukses ikut membangun Samosir, kami mengapresiasi dan merasa bangga," kata Vandiko.

Dijelaskan, dengan akan beroperasinya KMP JT 01, KMP Sumut yang ada saat ini tetap akan beroperasi. "KMP Sumut akan tetap, ini hanya menambah opsi karena pengguna jasa kapal terus meningkat, jadi diharapkan KMP JT 01 dapat melayani minimal sampai setengah delapan malam. Diawal masih uji coba. Kedepan harus mengikuti peraturan pemerintah dan harus online," ucap Vandiko.

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang mengatakan penambahan kapal sebagai upaya mengantisipasi antrian panjang penyeberangan terutama dalam musim libur.

Dengan kehadiran JT 01, Martua menghimbau wisatawan/pengunjung untuk tidak khawatir ke Samosir. "Wisatawan jangan khawatir kapal Fery sudah ditambah," ungkapnya.

Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung menyampaikan, sesuai instruksi Bupati Samosir pihaknya sudah melakukan upaya pendampingan maksimal dalam pengurusan perijinan.

"KMP Julaga Tamba 01 sudah memiliki ijin dari kementerian perhubungan, segala kekurangan kami bantu, termasuk mekanisme dan kelengkapan tinggal di propinsi untuk ijin lintas (SPM), segera akan kami coba ke propinsi ketika Kadishub Propinsi Sumatera Utara bersedia akan segera melengkapi berkasnya," kata Laspayer.(Infosamosir).
×
Berita Terbaru Update