-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Pengamanan Pemilu, Kapolres Samosir Lepas Pergeseran Personel ke TPS

Senin, 12 Februari 2024 | 09.12 WIB Last Updated 2024-02-12T12:14:25Z

Kapolres Samosir menyampaikan arahan.

Samosir(DN)
Dalam upaya untuk memastikan kelancaran dan keamanan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH secara resmi melepas pergeseran personel ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah masing-masing.

Acara pelepasan ini dilakukan melalui apel pergeseran personel yang berlangsung pada hari Senin, 12 Februari 2024 di Lapangan Mako Polres Samosir.

Dalam apel tersebut, hadir Waka Ops Res, Karendal Ops, para Kasatgas, Personil Dalmas/Personil Siaga Wilayah, serta seluruh personel pengamanan di PPK dan TPS wilayah hukum Polres Samosir. 

Sesaat setelah menyerahkan tas perlengkapan kepada seluruh petugas pengamanan TPS, Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH menekankan pentingnya pengamanan dalam setiap tahapan pemilu.

"Pengamanan pemungutan dan penghitungan suara hingga rekapitulasi suara adalah tahapan pemilu serentak tahun 2024 yang memiliki nilai yang spesifik dalam pesta demokrasi. Petugas Polri dituntut mencegah potensi rawan yang ada di sekitar area TPS, sehingga tidak menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas Pemilihan Umum Serentak 2024 yang demokrasi dan berkualitas," ujarnya.

Selain itu, ia juga menggarisbawahi kewajiban petugas Polri dalam pengamanan TPS, termasuk langkah-langkah pengamanan, penggunaan seragam, serta prioritas keamanan wilayah TPS.

Usai apel, dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap personel pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Samosir, disertai dengan penyerahan multi vitamin dan obat.

AKBP Yogie Hardiman juga menjelaskan bahwa pengamanan dilakukan di 465 TPS dengan kekuatan personel 93 orang dari Polres Samosir dan 37 orang dari BKO Polda Sumut.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024. Selain itu, personel Dalmas juga disiagakan di dua wilayah, yakni di Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Palipi.

"Pelaksanaan Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024 adalah tahapan terakhir persiapan kita dalam melaksanakan pengamanan Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024. Kita akan lanjutkan dengan pengamanan pendistribusian logistik pemilu dari gudang logistik KPU Kabupaten Samosir ke masing-masing PPK se-Kabupaten Samosir," tegas Kapolres Samosir.(SBS).
×
Berita Terbaru Update