-->

Notification

×

iklan

Iklan

Masyarakat Salaon Dolok Minta Bupati Samosir Lanjutkan Program Sirtunisasi

Jumat, 20 Oktober 2023 | 09.09 WIB Last Updated 2023-10-20T05:11:18Z
Bupati Samosir berkantor di Desa Salaon Dolok.
Samosir(DN)
Masyarakat Desa Salaon Dolok berterima kasih atas program sirtunisasi yang dilakukan Bupati Samosir melalui Bunga Desa dan meminta program tersebut dilanjutkan. Hal ini diucapkan tokoh masyarakat pada saat Bupati Samosir berkantor di Desa Salaon Dolok, 19/10.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon, Anggota DPRD Saurtua Silalahi, Marco Simbolon dan Polma Gurning, Pj. Sekda Rita Tavip Megawati, SAB Rudi SM Siahaan, HUT Isasar Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Asisten III Waston Simbolon, Pimpinan OPD, Camat Ronggurnihuta, Bresma Simbolon dan TBPP. 

"Masyarakat Salaon Dolok bangga dan bahagia, jalan sudah disirtunisasi. Lebih bangga lagi dan merasa merdeka Desa Salaon Dolok yang tidak pernah disentuh aspal baru kali ini kami merasakan dan melihat langsung," kata Tumpal Simbolon didampingi Torop Sitanggang mewakili tokoh masyarakat sekaligus Lembaga Adat Salaon Bius Sitolu Hae Horbo.

Atas nama masyarakat, Torop mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Samosir dan sirtunisasi dapat dilanjutkan sampai ke Huta Partukkoan yang mempunyai sejarah sebagian tempat pertemuan para tokoh dulunya. Disebutkan, masyarakat bersedia dan sudah sepakat memberikan lahan yang akan dijadikan sumber sirtu.

Tumpal Simbolon menambahkan, bahwa Desa Salaon Dolok haus dengan pembangunan khususnya sarana dan prasarana. Meminta tambahan waktu alat berat untuk bekerja di Salaon Dolok terlebih untuk menyambut Natal dan Tahun baru. 

Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengatakan, perlakuan yang dilaksanakan Pemkab Samosir di Kenegerian Salaon tahun ini yakni, peningkatan jalan Hotmix Sp. Polma-Salaon Tonga Tonga, jalan Hotmix penghubung antar Desa dari Salaon Dolok sampai ke dusun 2 Sijambur sepanjang 1,250 km dan akan dilanjutkan tahun 2024 sepanjang 2,5 km mulai dari Dolok Natorus.

Vandiko T. Gultom menegaskan jalan sepanjang 7,5 Km di Salaon akan disirtunisasi. Untuk itu diminta kepada masyarakat untuk bersedia membebaskan lahan minimal 8 m untuk badan jalan, bahu dan saluran.

"Sirtunisasi berkelanjutan sampai tahun depan lebih kurang 7,5 km perlakuan di Kenegerian Salaon. Kalau tahun ini tidak tuntas akan dilanjutkan tahun depan," kata Vandiko disambut tepuk tangan masyarakat. 

Dengan program sirtunisasi, diharapkan jalan dari sp. Partukkoan-Siponggol Tanduk lebih kurang 2 km, jalan Salaon Dolok-Partukkoan dapat terbenahi.

Plt Kadis PUTR Rudimanto Limbong, menambahkan, saat ini alat berat sudah bekerja selama 2 minggu untuk melakukan sirtunisasi jalan Salaon tonga-tonga-Partukkoan sepanjang lebih kurang 5,3 km dan akan melanjutkan pekerjaan 1 bulan kedepan. Disampaikan bahwa sirtu yang digunakan bersumber dari lahan masyarakat yang diberikan secara sukarela.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update