-->

Notification

×

iklan

logog

Iklan

logog

Dukung Event Aqua Bike Championship, Polres Samosir Bersihkan Enceng Gondok di Danau Toba

Sabtu, 23 September 2023 | 01.12 WIB Last Updated 2023-09-23T14:14:16Z
Aksi bersih-bersih Polres Samosir.
Samosir(DN)
Seusai senam Jumat, 22 September 2023, seluruh personil Polres Samosir melakukan pembersihan ekosistem encek gondok di Danau Toba.

Kegiatan ini merupakan persiapan untuk acara besar yaitu Event Aqua Bike Championship yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 24 November 2023 di Kabupaten Samosir.

Dengan menggunakan alat seadanya, pembersihan eceng gondok ini dilaksanakan oleh aparat kepolisian dari Polres Samosir, Polsek Jajaran, Koramil, serta pihak-pihak terkait seperti Pemkab Samosir, Kecamatan, Desa, dan Kelurahan di sekitar Danau Toba Wilayah Hukum Polres Samosir.

Lokasi pembersihan eceng gondok ini tersebar di beberapa titik strategis, termasuk Water Fron City untuk Pantai Kecamatan Pangururan, Pantai Desa Ambarita untuk Kecamatan Simanindo, Pantai Desa Sipinggan Lumbansiantar untuk Kecamatan Nainggolan, dan Pantai Desa Turpuk Limbong untuk Kecamatan Harian. Panta Desa Palipi dan Desa Pallombuan Kec Palipi dalam pembersihan Eceng Gondok.

Kasat Samapta Polres Samosir, AKP Tito Juardi yang memimpin pelaksanaan pembersihan menyampaikan, kegiatan ini untuk mendukung suksesnya Event Aqua Bike Championship di Danau Toba, terutama di wilayah hukum Polres Samosir.

"Ini adalah kerjasama antara Polres Samosir, Pemkab Samosir, Koramil, serta pemerintah kecamatan dan desa. Kami akan melanjutkan kegiatan pembersihan setiap Jumat dan direncanakan minggu depan menggunakan kapal dan alat berat, karena sebagian eceng gondok sulit diangkat ke darat dan berada di tengah danau akibat perpindahan posisi yang disebabkan oleh angin kencang," ujarnya.

Ditambahkannya lagi, dimungkinkan lokasi yang sudah dibersihkan ini akan dipadati eceng gondok kembali. Hal ini karena cuaca, angin kencang beberapa pekan terakhir yang mengarah ke pulau Samosir, sehingga mendorong eceng gondok dari arah pulau Sumatera ke pulau Samosir.

"Semoga upaya ini berkontribusi positif untuk menjaga keindahan Danau Toba yang menjadi destinasi wisata utama di Sumatera Utara," pungkasnya.(humaspolressamosir).
×
Berita Terbaru Update