-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Telan Biaya Sebesar Rp 157 M, Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Aek Tano Ponggol

Jumat, 25 Agustus 2023 | 15.18 WIB Last Updated 2023-08-25T08:42:17Z
Prasasti peresmian Jembatan Aek Tano Ponggol yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi.(ist).
Binjai(DN)
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Walikota Medan Bobby Nasution, Walikota Binjai Amir Hamzah, dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan meresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol yang berada di Pulau Samosir di Sumatera Utara, Jumat (25/8).

Peresmian Jembatan Aek Tano Ponggol yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 157 miliar ini, bersamaan dengan peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang) di Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Jumat (25/8/2023).

"Kedua juga akan diresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol di Kabupaten Samosir yang juga telah selesai, menelan biaya Rp 157 miliar," kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan jembatan itu memiliki panjang 294 meter dengan bentangan utama sepanjang 99 meter dan lebar delapan meter.

"Ini panjang bentangannya 294 meter dan bentang utama 99 meter dan lebarnya delapan meter," jelasnya.

Selain jembatan Aek Tano Ponggol, Jokowi juga sekaligus meresmikan SPAM Regional Mebidang yang berada di Kota Binjai. SPAM ini menelan anggaran sebesar Rp 948 miliar.

"Alhamdulillah, pada pagi hari ini telah selesai Sistem Penyediaan Air Minum di Medan Binjai Deli Serdang yang menelan anggaran Rp 948 miliar," kata Jokowi.
Peresmian SPAM di Medan Binjai sekaligus peresmian Jembatan Aek Tano Ponggol.
Jokowi mengatakan pembangunan SPAM Mebidang itu merupakan kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Menurutnya, jika kerja sama antara pemerintah pusat hingga ke kabupaten/kota berjalan baik, maka pembangunan di Indonesia akan semakin cepat.

"Ini kerja sama pemerintah pusat, provinsi, dan kota/kabupaten, tanahnya tanah provinsi. Kerja sama seperti ini, kalau kerjasamanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat," jelasnya.

Jokowi menjelaskan SPAM Regional Mebidang itu memiliki kapasitas 1.100 liter per detik. Dia menyebut akan ada sekitar 440 ribu jiwa yang bisa menikmati air minum tersebut.

"Ini memiliki kapasitas 1.100 liter per detik, ini juga sangat besar sekali, sehingga saya minta pada gubernur, bupati, wali kota menindaklanjuti sambungan-sambungan ke rumah tangga karena menyangkut kurang lebih 88 ribu saluran rumah tangga yang bisa tersambung karena SPAM ini, kalau dijiwakan bisa 440 ribu jiwa, sangat besar sekali," pungkasnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN/DPSP direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

“Prinsipnya adalah merubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” kata Menteri Basuki. 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara Junaidi mengatakan, Jembatan Aek Tano Ponggol merupakan satu-satunya akses darat untuk menuju Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. 

“Jembatan Aek Tano Ponggol selesai pada Desember 2022. Dibangun untuk menghubungkan kawasan Parapat ke Samosir. Sehingga untuk menunjang pariwisata di sisi Samosir, sekaligus membuka keterisolasian wilayah ini. Jembatan dibangun ikonik dengan tambahan unsur beautifikasi,” jelas Junaidi.

Pada jembatan utama terdapat 3 bentang, dengan bentang utama sepanjang 99 meter yang menggunakan struktur utama box girder. Sedangkan jembatan pendekat juga terdiri dari 3 bentang dengan struktur utama prestressed I girder.(red).
×
Berita Terbaru Update