-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240404-WA0000

Resmikan Tugu Limbong Mulana, PPLMI Gelar Horja Bolon

Jumat, 07 Juli 2023 | 00.24 WIB Last Updated 2023-07-07T03:27:36Z
Peresmian tugu Marga Limbong Mulana.
Samosir(DN)
Keturunan marga Limbong yang bersatu di Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (PPLMI) menggelar horja bolon/pesta budaya peresmian tugu, di Huta Limbong Desa Sarimarrihit Kecamatan Sianjur Mulamula, 06/07.

Acara Horja Bolon atau Pesta Budaya Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (PPLMI) diadakan mulai tanggal 04 sd 07 Juli 2023. Peresmian tugu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Ketua PPLMI Bernhard Limbong.

Pada peresmian tugu ini, turut hadir Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom dan Anggota DPR RI yang juga Ketum PSBI, Effendi Muara Sakti Simbolon. Mereka menyaksikan rangkaian acara penyerahan ulos soraburuk (sebidang tanah) kepada marga Simbolon yang diterima Ketum PSBI sebagai boru dari Marga Limbong dan sekaligus ikut menginjakkan kaki di tanah yang diberikan.

Ketua PPLMI, Bernhard Limbong mengatakan, pembangunan tugu tersebut sudah lama dinanti-nantikan dan sekarang baru tercapai.

"Marga Limbong merupakan salah satu marga tertua dalam suku Batak Toba dan baru pertama kali melaksanakan pesta tugu," kata Bernhard.

Diharapkan Tugu Limbong Mulana dapat sebagai pemersatu semua marga Limbong di Indonesia dan dunia.
penyerahan ulos soraburuk (sebidang tanah) kepada marga Simbolon yang diterima Ketum PSBI sebagai boru dari Marga Limbong.
Sementara itu, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan pesta Tugu Limbong Mulana di Kabupaten Samosir sebagai suatu upaya pelestarian budaya.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pomparan Limbong Mulana, semoga melalui pesta ini terjalin kekeluargaan dan semakin bersatu," kata Vandiko. 

Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Parsadaan Pomparan Marga Limbong yang sudah memberikan ulos. Menurutnya, ulos tersebut akan menjadi berkat, penambah semangat dalam memimpin di Kabupaten Samosir.

"Dengan adanya berbagai pesta adat seperti halnya peresmian Tugu Limbong Mulana ini, akan semakin meningkatkan rasa cinta terhadap budaya serta meningkatkan pendapatan masyarakat pasca pandemi," tutup Bupati. 

Ketum PSBI yang juga Anggota DPR RI, Effendi Muara Sakti Simbolon mengaku bangga dan haru dengan terlaksananya pesta Tugu Limbong Mulana. Sebagai Boru, Efendi meminta berkat kepada Pomparan marga Limbong. "Ada suka cita, saling mengasihi dan kasih melalui pesta ini," ucap Effendi.(red).
×
Berita Terbaru Update