-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240404-WA0000

Kopi Gincu, UMKM Binaan KMM Ikut Pameran Peringatan Harkopnas ke-76

Rabu, 12 Juli 2023 | 19.03 WIB Last Updated 2023-07-12T13:06:35Z
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM berphoto di stand KMM yang berdampingan dengan stand Kopi Gincu, UMKM binaan KMM pada peringatan Harkopnas ke-76.
Jakarta(DN)
Pada peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-76, Kopi Gincu, UMKM Binaan Koperasi Makmur Mandiri (KMM), ikut mengambil bagian dengan memamerkan berbagai produk lokal yang dimiliki.

Hal tersebut disampaikan Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM saat menghadiri acara peringatan Hari Koperasi Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM mengaku senang dan bangga, UMKM binaan KMM menjadi salah satu UMKM yang diikutkan dalam pameran peringatan Harkopnas, apalagi produk-produknya diminati oleh pengunjung.

Dikatakan Suami Jusniar Simbolon itu, melalui berbagai produk yang dimiliki, KMM mendorong para UMKM untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Hal ini juga sejalan dengan langkah nyata KMM ambil bagian dalam pembangunan bangsa.

Menurutnya, memberdayakan UMKM adalah sebuah perjalanan sehingga berbagai upaya harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

"Dengan mandat sebagai koperasi nasional dengan cabang terbanyak, KMM berkomitmen melakukan program pengembangan UMKM sehingga terwujud kesejahteraan bersama," ungkapnya.

Sementara itu, proses pendanaan mudah dan cepat yang diperoleh Hendrik Nurwanto dari Koperasi Makmur Mandiri membuat usahanya berkembang pesat. Pengusaha Kedai Kopi Gincu di Cirebon ini kini telah melebarkan sayap, membuka cabang baru.
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM meraih penghargaan sebagai tokoh penggerak koperasi terbaik pada peringatan Harkopnas ke-76.
"Atas seizin Tuhan, kami dipertemukan dengan Koperasi Makmur Mandiri, sehingga kedai kami terus berkembang. Kedai kami bukan lagi sekedar kedai, sudah ada restorannya, kolam renang, wisatanya, juga tempat bersantai di tengah-tengah kebun. Dan alhamdulillah, berkat dukungan KMM, saat ini Kedai Kopi Gincu telah membuka cabang yang baru."

Hal ini diungkapkan Hendrik Nurwanto saat berkesempatan menyampaikan sambutan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) KMM Tahun Buku 2022, di Hotel Grand Mutiara Puncak Bogor, Jawa Barat, Jumat, 27/1/2023 lalu.

Dirinya yang bergabung menjadi anggota KMM tahun 2020 itu, juga merasa bangga berkoperasi. Ia merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses permodalan ketika bergabung dengan Koperasi Makmur Mandiri (KMM).

Hendrik mengaku masih terus berharap bimbingan KMM, agar fasilitas Kopi Gincu miliknya semakin komplit dan semakin banyak pengunjungnya. Dengan banyaknya pengunjung, Hendrik yakin berdampak pada perekonomian warga sekitar.

Dirinya juga berkisah awal mula menjadi pengusaha Kedai Kopi Gincu. Dikisahkan, berawal dari kebun mangga milik keluarganya yang ia kelola, Hendrik menyulap kebun tersebut menjadi kedai berkonsep agrowisata.

Dengan dukungan penuh dari keluarga, dan teman-temannya, diluncurkanlah Kedai Kopi Gincu di Sodong, Kabupaten Cirebon pada tahun 2020 lalu. Meski diluncurkan di tengah pandemi namun warga menyambut dengan antusias.

Tidak hanya itu, kedai Kopi Gincu juga menjadi wadah bagi band-band lokal dan sineas setempat untuk berekspresi. Saat ini, Hendrik masih merancang wisata edukatif tentang mangga dan beberapa olahan mangga gedong gincu dengan harga terjangkau.(SBS).
×
Berita Terbaru Update