-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Polres Samosir Gelar Lomba HUT Bhayangkara ke-77: Pos Kamling Pardomuan I, Sait Nihuta dan Pallombuan Juara

Rabu, 21 Juni 2023 | 10.43 WIB Last Updated 2023-06-21T05:24:00Z
Penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba Pos Sat Kamling di Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77, Polres Samosir menggelar lomba Pos (Satuan Keamanan Lingkungan) Sat Kamling. Lomba ini juga dalam rangka meningkatkan harkamtibmas menjelang Pemilu 2024 di Wilayah Kabupaten Samosir.

Lomba ini diikuti 128 desa dan 6 kelurahan se-kabupaten Samosir, dengan penilaian yakni kesiapan Pos Sat Kamling, pelaksana Sat Kamling, struktur organisasi dan pertolongan pertama gawat darurat, penanganan gangguan kejahatan, system' alarm, jadwal ronda, buku mutasi, jadwal ronda.

Dari hasil penilaian yang sudah dilaksanakan, didapat pemenang dan perwakilan dari Kabupaten Samosir, yakni: 
Penyerahan penghargaan kepada Pos Sat Kamling Pardomuan I Pangururan.
1. Pos Sat Kamling DESA PARDOMUAN I dibawah pembinaan dari Kepala Desa DIRIKON SIMBOLON Bhabinkamtibmas BRIGADIR THARMIZI PURBA Babinsa SERTU TITIR SIHOTANG.

Pos Sat Kamling ini berada di Simpang Tiga jl. Rabou WaterRwus -Jl. uskup Agung Sugio Pranoto yang berdekatan dengan Pusat Kota Pangururan, Sekolah SMP Budi Mulia Pangururan, SMA ST Mikhael, SD Swasta ST Mikhael, Klinik Elisabeth, Pastoran, Susteran, SPBU Pangururan

2. Pos Kamling Dusun I Desa Saitnihuta Kecamatan Pangururan dibawah pembinaan dari Kepala Desa AMAN SITANGGANG Bhabinkamtibmas BRIPKA EFRI PANDI dan Babinsa SERDA ABIDIN SIHOTANG. Berada di Lokasi Jalan Umum menuju Pusat Kota Pangururan dan Kecamatan Simanindo.
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH menyerahkan penghargaan.
3. Pos Sat Kamling Dusun I Desa Pallombuan, Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir dibawah pembinaan dari Kepala Desa RINSON SINAGA, Bhabinkamtibmas BRIPKA M. SYAFEI RAMADHAN dan Babinsa SERDA ENDI PURBA.

Lokasi Pos Sat Kamling berada di Simpang tiga pusat Kecamatan Palipi yang berdekatan dengan Pelabuhan Mogang, Pasar/ Onan Mogang, Kantor Camat, Kantor Pos, Sekolah SD Negeri, SMP N1 Palipi dan SMK N1 Palipi.

Guna penyerahan penghargaan kepada ketiga desa tersebut, Polres Samosir menggelar apel, Rabu 21 Juni 2023 bertempat di lapangan Apel Mako Polres Samosir.
Penyerahan penghargaan kepada Sat Kamling Desa Pallombuan Kecamatan Palipi.
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH bertindak sebagai pimpinan apel dan dihadiri Bupati Samosir diwakili oleh Asisten I Setdakab. Samosir, Drs. Tunggul Sinaga, M.M, PJU Polres Samosir, Bhabinkamtibmas Polres Samosir dan Babinsa, Camat Pangururan, Robintang Naibaho, S.S, Danramil Pangururan, Kapten Inf Sugiono, Kasi Kamtib Lapas Pangururan, Mitra Tarigan, S.H, Kades Pardomuan I Pangururan, Dirikon Simbolon, Kades Saitnihuta, Aman Sitanggang dan Kades Desa Pallombuan, Rimson Sinaga.

"Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Sat Kamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Sat Kamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa," ujar Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH.

Dikatakan, situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur Bangsa Indonesia.
Sat Kamling Desa Pallombuan Kecamatan Palipi berphoto bersama Kapolres Samosir.
Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus dihadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program 
ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa. 

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Sat Kamling. Kehadiran Sat Kamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan 
bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

"Sat Kamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif," tambahnya.

Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Sat Kamling. Selain itu, Sat Kamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal.

Saat ini, Sat Kamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. 

"Saya berpesan agar kehadiran Sat Kamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masingmasing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita 
jaga bersama," ungkap Yogie.
Sat Kamling Desa Pardomuan I Pangururan berphoto bersama Kapolres Samosir.
Terkait penilaian kepada pemenang, Yogie mengungkapkan, penilaian kita sangat strategis terhadap ketiga Pos Sat Kamling tersebut yang merupakan lokasi penting di Kabupaten Samosir dan sudah memenuhi syarat pertandingan.

Dan ketiga Pos Sat Kamling tersebut juga sangat berpengaruh dalam Pemilu 2024 nantinya sebagai lokasi perlintasan yang menghubungkan antar kecamatan dan diperkirakan sebagai lumbung keberadaan politik.

"Ketiga pemenang Pos Sat Kamling perwakilan sari Polres Samosir akan dikirimkan ke Polda Sumut dan nantinya akan dikirimkan perwakilan dari Polda Sumut ke Mabes Polri sesuai penilaian dari Polda Sumut," ujarnya.

Terakhir, ia mengucapkan selamat bagi para pemenang tingkat Polres dan Polda 
yang akan diumumkan setelah pelaksanaan apel ini. Ia berpesan agar terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Sat Kamling.

"Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri," pungkasnya.

Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para awak Sat Kamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Sat Kamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(SBS).
×
Berita Terbaru Update