-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Respon Cepat, Kapolres Samosir Bersihkan Materil Tanah Longsor di Desa Hariarapohan Harian

Kamis, 04 Mei 2023 | 14.37 WIB Last Updated 2023-05-04T12:41:08Z
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH bersama personil melakukan pembersihan material tanah longsor.
Samosir(DN)
Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, SH SIK MH melaksanakan pengecekan, pengawasan dan pembersihan materil tanah longsor di Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Kamis, 4/5.

Turut hadir Pabung Kodim 0210/TU, Kapten G Sebayang, Camat Harian, Hartopo Manik, PJU Polres Samosir, staf Dinas PUTR Samosir, personil Polres Samosir dan Koramil Harian.

Bencana alam tanah longsor tersebut terjadi di dua titik yang terletak di Desa Hariara Pohan yakni, Jembatan Lombang Sitolu-tolu Holbung Sihotang menuju objek wisata Bukit Holbung dan pintu masuk menuju objek wisata Bukit Holbung.

Pengelola objek Wisata Bukit Holbung, Apoi Sihotang, menerangkan pada hari Rabu, 3 Mei 2023 sekitar pukul 23.00 wib telah terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi dan disertai durasi yang cukup lama, sehingga terjadi tanah longsor yang menutupi badan jalan dan mengakibatkan akses jalan menuju objek wisata Bukit Holbung Desa Hariara Pohan tidak dapat dilalui kendaraan.

Respon cepat terhadap tanah longsor tersebut, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH langsung turun ke lokasi bersama personil. Pihaknya melakukan pembersihan materil tanah longsor yakni dengan menggunakan alat berat buldoser milik Dinas PUTR Samosir.
Kapolres Samosir berbincang dengan Camat Harian.
Dan dibantu personil Polres Samosir dan personil Koramil Harian, mereka juga menggunakan cangkul, keroan tanah/garpu tanah, dan angkong.

Selain di dua titik longsoran tanah yang besar, Personil Polres Samosir juga membersihkan longsoran tanah kecil disepanjang jalan Desa Hariara Pohan.

Sekitar pukul 11.30 Wib, kegiatan pembersihan materil tanah longsor selesai dilaksanakan dan arus lalu lintas sudah dapat dilalui kendaraan.

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH menyampaikan agar melewati jembatan lokasi longsoran tanah, kiranya kendaraan roda empat yang bermuatan berhati-hati melintas.

"Dan khusus kepada kendaraan roda enam dan lebih agar kiranya tidak melewati lokasi tersebut karena jalan lokasi jembatan tersebut masih bertanahkan labil, kita takutkan terjadi longsoran kembali," pungkasnya.(PM).
×
Berita Terbaru Update