-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Dinas Ketapang dan Pertanian Samosir Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Ikan Merah

Jumat, 26 Mei 2023 | 23.11 WIB Last Updated 2023-05-27T00:12:56Z
Kelompok nelayan di Samosir mendapat pelatihan pengolahan ikan merah.
Samosir(DN)
Berlangsung selama 3 hari, tanggal 24 s/d 26 Mei 2023, Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir menggelar pelatihan diversifikasi olahan hasil perikanan dengan pemanfaatan ikan red devil (ikan merah), yang dilaksanakan di Aula dinas setempat.

Pelatihan yang digelar oleh Dinas Ketapang Dan Pertanian Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Medan, diikuti oleh 30 orang kelompok nelayan, dengan memanfaatkan ikan merah/ikan lohan sebagai bahan baku, yang selama ini dianggap sebagai ikan hama pada perairan Danau Toba.

Saat menutup acara, Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Dr. Tumiur Gultom, SP, MP menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dalam hal ini Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Medan yang tanggap akan kondisi permasalahan perikanan khususnya ikan merah (red devil) dengan membuat pelatihan produk olahan yang memiliki nilai tambah dan berdaya guna.

"Melalui pelatihan ini, nelayan di Kabupaten Samosir sudah dapat membuat Surimi, Mie Ikan, Dimsum Ikan, Otak-otak ikan yang bahan bakunya dari ikan merah (ikan lohan)," ujar Tumiur.

Dijelaskan, bahwa hasil olahan ini akan memberi nilai tersendiri bagi wisata kuliner, sekaligus dapat mengendalikan populasi ikan merah yang cukup pesat di perairan Danau Toba.

Pada kesempatan tersebut, Tumiur menyampaikan bahwa peserta pelatihan juga akan difasilitasi oleh Dinas Ketapang dan Pertanian untuk memiliki kelembagaan ekonomi kelompok dalam mempermudah permodalan kelompok, serta memfasilitasi dalam rangka promosi hasil olahan dikalangan masyarakat dan lembaga pemerintah. 

Sebagai bentuk apresiasi, di penghujung acara pelatihan, Kadis Ketapang dan Pertanian memberikan cinderamata berupa stola dan ulos kepada para narasumber dari BP3 Medan yakni Hery Agustiawan, Bayu Sri Indardeka dan Tedis Afdal.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update